IMPLEMENTASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA PROSES LAYANAN DI CV BUANA TRAVEL TULUNGAGUNG

  • Yessica Wijaya Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 119 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 116 times
Keywords: Voice of Customer, Quality Function Deployment, Proses Layanan

Abstract

Dalam rangka untuk melakukan peningkatan kualitas layanan pada proses layanan CV Buana Travel, dilakukan riset dengan mengimplementasikan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari implementasi Quality Function Deployment (QFD) pada proses layanan adalah untuk mendapatkan Voice of Customer, Prioritas Tindakan Respon Teknis, serta menghasilkan usulan strategi yang sebaiknya diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan proses layanan dalam perusahaan tersebut. Berdasarkan riset yang dilakukan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), didapatkan atribut-atribut yang menjadi prioritas untuk peningkatan kualitas layanan (waktu keberangkatan, kendaraan yang digunakan, pengemudi travel, harga layanan travel), serta usulan tindakan respon teknis yang dilakukan perusahaan (pembersihan dan pengecekan kendaraan, menambah rute baru, training). Dari perhitungan, dapat diketahui bahwa semua respon teknis dari perusahaan belum maksimum dan perlu ditingkatkan lagi, guna meningkatkan kualitas layanan proses layanan di CV Buana Travel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriantatri, Emmalia. 2008. AplikasiMetodeQuality Function Deployment (QFD) Dalam Usaha Memenuhi Kepuasan PelangganTerhadapProduk Aqua Gelas 240ml Pada PT. Tirta Investama Pandaan. Institut Teknologi Nasional Malang. Yogyakarta. ISBN: 978-979-3980-15-7.

Bossert, James., 1991, Quality Function Deployment: A practitioner’s approach, ASQC Quality Press, Wisconsin.

Cohen, Lou. 1995.Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. Addition Wesley Publishing Company.

Foster, S. Thomas. 2001.Managing Quality an Integrative Approach.Prentice Hall. New Jersey.

Gaspersz, Vincent. 1997.Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total.Yayasan Indonesia Emas dan PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 2002.Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 2005.Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Yayasan Indonesia Emas, dan PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano: Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian.PT Indeks. Jakarta.

Williams, Christine and John Buswell, 2003, Service Qualityin leisure and tourism, Cabi Publishing.

Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia. Yogyakarta.

Zeithaml A., A. Parasuraman and Leonard L. Berry, 1990, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, Macmillon Inc, The Free Press, New York.
Published
2015-09-01