IMPLEMENTASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA LAYANAN PENJUALAN DI APOTEK UBAYA

  • Kevin Ade Pranata Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Peningkatan kualitas merupakan suatu hal yang wajib dalam suatu perusahaan layanan atau jasa agar tercipta kepuasan pelanggan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan maka perusahaan salah satunya menerapkan Quality Function Deployment. Dalam rangka untuk melakukan peningkatan kualitas layanan pada penjualan sediaan farmasi diapotek UBAYA, maka dilakukan penelitian dengan mengimplementasikan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari implementasi Quality Function Deployment (QFD) pada layanan penjualan diapotek UBAYA adalah untuk mendapatkan Voice of Customer, Prioritas Tindakan Respon Teknis, serta menghasilkan usulan strategi yang sebaiknya diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas penjualan sediaan farmasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), didapatkan 6 atribut primer dan 19 atribut sekunder serta diperoleh 6 atribut respon teknis. Pada pengukuran customer satisfaction performance dan competitive satisfaction performance atribut penjualan sediaan farmasi yang diteliti hanya sebanyak 6 atribut primer dan 17 atribut sekunder, karena apotek UBAYA dan apotek pesaing tidak menyediakan TV dan bacaan sehingga tidak dapat diukur kepuasannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryo, Bogadenta. 2012. Manajemen Pengelolaan Apotek. D-Medika . Jogjakarta.

Cohen, Lou. 1995. Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. Addition Wesley Publishing Company.

Foster, S. Thomas. 2001. Managing Quality an Integrative Approach. Prentice Hall. New Jersey.

Gaspersz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 2005. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Yayasan Indonesia Emas, dan PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano: Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. PT Indeks. Jakarta.
Published
2015-09-01
How to Cite
PRANATA, Kevin Ade. IMPLEMENTASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA LAYANAN PENJUALAN DI APOTEK UBAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 19, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2099>. Date accessed: 11 nov. 2019.