PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP SATISFACTION PADA PENGGUNA TELKOMSEL DI SURABAYA

  • Claudia Purnama Dewi Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian replikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh service convenience terhadap satisfaction pada pengguna Telkomsel di Surabaya dan membandingkan hasil five factor model dan second order factor model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan terdukung. Service convenience berpengaruh positif terhadap satisfaction pada pengguna Telkomsel di Surabaya. Hasil five factor model dan second order factor model memenuhi kriteria yang disyaratkan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan service convenience terhadap satisfaction Telkomsel di Surabaya dan second order factor model memiliki goodness of fit sesuai dengan kriteria yang disyaratkan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altinay, L., & Paraskevas, A. 2008. Planning research in hospitality and tourism. USA: Elsevier.

Colwell, S. R., Aung. M., Kanetkar. V., & Holden. A. L. 2008. Toward a measure of service convenience: multiple-item scale development and empirical test. Journal of Services Marketing, 22: 160-169

Ghozali, I., & Fuad. 2005. Structural equation modeling teori, konsep, dan aplikasi dengan program LISREL 8.54. Semarang: BP Undip.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2010. Multivariate data dnalysis: A global perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Khazaei, A., Manjiri, H., Samiey, E., & Najafi, H. 2014. The effect of service convenience on customer satisfaction and behavioral response in bank industry. International Journal of Basic Sciences & Applied Research, 3: 16-23

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing management/14th ed. Essex: Pearson Education

Phungbangkruay, J., Patterson, P. G., Kimparkorn, N., & Tantiprapa, P. 2013 . The influence of service convenience in predicting customer value: the mediating role of customer perceived control in high contact experiential service. Development of Business, 35: 120-143

Santoso, S. 2007. Structural equation modeling: konsep dan aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2005. Service, quality, and satisfaction. Yogyakarta: Andi

Wijanto, S. H. 2008. Structural equation modeling dengan LISREL 8.8 konsep & tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2015-09-01
How to Cite
DEWI, Claudia Purnama. PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP SATISFACTION PADA PENGGUNA TELKOMSEL DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 16, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2131>. Date accessed: 11 nov. 2019.