MOTIVASI WISATAWAN SURABAYA UNTUK BERBAGI PENGALAMAN WISATA DI PULAU BALI MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Ayu Intan Yuliani Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman berwisatanya saat berada di Pulau Bali melalui media sosial. Media Sosial yang dipilih terbagi menjadi delapan jenis media sosial. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang bertempat tinggal di Surabaya dan pernah melakukan perjalanan wisata di Pulau Bali. Dipilihnya responden tersebut dimaksudkan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (obyektif).Aras dan skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakn dua jenis aras dan skala yaitu nominal serta ordinal. Pengumpulan data berasal dari data primer yaitu dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada responden dan bersifat tertutup (close ended questions), yaitu jawaban responden telah dibatasi dengan menyediakan alternative jawaban. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sejumlah 150 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, dan tabulasi silang dengan statistik uji chi-square pada signifikansi 0,05% (p<0,05) dengan menggunakan program SPSS 20.0. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman wisatanya di Pulau Bali melalui media sosial. Dimensi yang memiliki frekuensi setuju tertinggi ada pada self-centred motivations dengan pernyataan frekuensi setuju tertinggi pada pernyataan saya ingin menjaga hubungan sosial dan pertemanan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima) Semarang: Universitas Diponerogoro.

Indrawan, Kevin Sarchan, 2014, Gambaran Destination Image Kabupaten Tabanan Menurut Wisatawan Surabaya, Skripsi, Universitas Surabaya.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein, 2010, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons, 53(1): 59–68).

Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2006, Principle of Marketing, Ninth edition, Prentice-Hall International Inc., Engelwood Clifts, New Jersey

Munar, A.M, and Jacobsen, J.K.S, 2014, Motivation fo Sharing Tourism Experiences Through Social Media, Tourism Management, Vol.43:46-54

Setyani, Novia Ika, 2013, Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas, Skripsi, Surakarta.

Soekadijo R.G, 1996, Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata sebagai Systematic Linkage), Cetakan 1, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Tim Jurusan Manajemen, 2013, Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Surabaya.

Wibisono, B Kunto. 2014. “Pulau Bali Raih Penghargaan Pulau Terindah di Dunia”. http://www.antaranews.com/berita/424835/pulau-bali-raih-penghargaan-pulau-terindah-di-dunia. Diunduh pada tanggal 31 Agustus 2014.

Widadio, Nicky Aulia. 2014. “Menparekraf: Perkembangan Pariwisata Indonesia Paling Bagus” .http://travel.kompas.com/read/2014/04/02/0949478/Menparekraf.Perkembangan.Pariwisata.Indonesia.Paling.Bagus. Diunduh pada tanggal 26 Agustus 2014
Published
2015-09-01
How to Cite
YULIANI, Ayu Intan. MOTIVASI WISATAWAN SURABAYA UNTUK BERBAGI PENGALAMAN WISATA DI PULAU BALI MELALUI MEDIA SOSIAL. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 12, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2139>. Date accessed: 11 nov. 2019.