PENGARUH SOCIAL NORMS DAN ENVIRONEMNTAL CONCERN TERHADAP PURCHASE INTENTIONS PADA MEREK PAKAIAN MARKS & SPENCER DI SURABAYA YANG DIMODERASI OLEH ENVIRONMENTAL MARKETING CLAIMS

  • Christian Ade Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian  ini  merupakan replikasi  model  penelitian  yang  diajukan pada  penelitian  Kim et al.  (2012). Pada  satu  dekade  terakhir perkembangan jumlah pakaian ramah lingkungan terus meningkat termasuk pakaian dengan Merek Marks & Spencer, hal  ini  yang membuat banyak Masyarakat di kota besar Khususnya Surabaya ingin membeli merek pakaian Marks & Spencer. Karena selain nyaman dipakai dan terbuat dari bahan baku ramah lingkungan, Marks & Spencer juga salah satu perusahaan pakaian yang peduli akan kerusakan lingkungan sekitar. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui pengaruh  dari Social Norms  dan Environmental Concern  terhadap Purchase Intentions pada merek pakaian Marks & Spencer di kota Surabaya, serta peran moderasi Environmental Marketing Claims. Survei  yang dilakukan menggunakan  teknik  pengambilan  sampel non-probability  sampling  melalui  pendekatan   purposive sampling. Pengolahan  data  dilakukan  dengan  menggunakan Analisis Regresi Berganda menggunakan software SPSS 16. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 200. Analisa dilanjutkan dengan FGD untuk mengeksplorasi niatan pembelian M & S. Hasil  penelitian  menunjukkan  terdapat  pengaruh Social Norms  terhadap Purchase Intentions & Environmental Concern terhadap Purchase Intentions di Marks & Spencer kota Surabaya serta moderasi Environmental Marketing Claims yang tidak berpengaruh signifikan. Hasil FGD, informan sebagian besar memiliki niatan pembelian M & S karena mendapat informasi dari teman dan melihat banyak individu atau kelompok memakai pakaian M & S, ada juga sebagian  informan muncul niatan pembelian karena suka produk pakaian ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, R., & Paschal, R. (2003). Descriptive Norms as an Additional Predictor in the Theory of Planned Behaviour: A Meta-Analysis. Current Journal of Environmental Psychology Vol. 22, No 3, 218-233.

Anggraeni, D., Anandya, D., & Margaretha, S. (2014). Keterkaitan Atmospheric, Joy dan Customer Loyalty Pengunjung Trans Studio Bandung. Jurnal majemen dan kewirausahaan, Vol. 16, No. 2, 163-174.

Carson, L., Grove, S., & Kangun, N. (1993). A content analysis of environmental advertising claims: A matrix method approach. Journal of Advertising, Vol. 22, 27-40.

Joanne, R.S., Winnifred, R.L., Deborah, J.T., Katharine, H.G., Mirand, R.C., & Xiaoliang, C. (2012). The impact of injunctive and descriptive norms on environmental intention. Journal of Environmental Psychology, Vol. 32, 353-361.

Julien, C., Francoise, P., & Patricia, D. (2014). Drive as I say, not as I drive: Influence of injunctive and descriptive norms on speeding intentions among young drivers. Transportation Research Part F 23, 44-56.

Kim, Hanna., Jung-lee, E., & Moo Hur, W. (2012). The Normative Social Influence on Eco-Friendly Customer Behavior: The Moderating Effect of Environmental Marketing Claims. Clothing and Textiles Research Journal Vol. 30: 4.

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk menguji pengaruh variabel Moderating terhadap hubungan antara variabel Independen dan variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. Vol 14 No 2, 90-97.

Long, C.L., Wen, P.C., & Hsiu, H.C (2014). Consumer attitudes toward blogger’s sponsored recommendations and purchase intention: The effect of sponsorship type, product type, and brand awareness. Computers in Human Behavior Vol. 34,258–266.

Mohd, F.M.S., & Tahir, H, MD.N. (2009). Website Quality and Consumer Online Purchase Intention of Air Ticket. International Journal of Basic & Applied Science. Vol. 9, No 10.

Muhammad, I.T., Muhammad, R.N., Muhammad, & M.N., Hashim, A.B. (2013). Customer Perceptions about Branding and Purchase Intention: A Study of FMCG in an Emerging Market. Journal of Basic and Applied Scientific Research. Vol. 3, No 2, 340-347.

Ricky Y.K Chan, T.K.P Leung & Y.H. Wong. (2006) The effectiveness of environmental claims for services advertising. Journal of Services Marketing. Vol. 20, 233-250.

Sandra, T., & Marquart, P. (2012). Contextual Influences On Environmental Concern Cross-Nationally: A Multilevel Investigation. Social Science Research. Vol. 41, 1085-1099.
Published
2015-09-01
How to Cite
ADE, Christian. PENGARUH SOCIAL NORMS DAN ENVIRONEMNTAL CONCERN TERHADAP PURCHASE INTENTIONS PADA MEREK PAKAIAN MARKS & SPENCER DI SURABAYA YANG DIMODERASI OLEH ENVIRONMENTAL MARKETING CLAIMS. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 13, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2158>. Date accessed: 23 jan. 2020.