PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PEWAYANGAN PUNAKAWAN

  • Wahyu Agnes Wijaya Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika FakultasTeknik Universitas Surabaya

Abstract

Kebudayaan asli Indonesia terancam keberadaannya karena kebudayaan global yang berkembang begitu cepat di Indonesia. Jika kebudayaan global terus menerus memasuki benak seluruh masyarakat Indonesia, akan mengancam keberadaan kebudayaan asli Indonesia. Film merupakan salah satu elemen kebudayaan global yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat generasi muda akan kekayaan budaya bangsa, dibuatlah film animasi 3D pewayangan "Punakawan". Punakawan adalah tokoh-tokoh pewayangan asli Indonesia  yang berbentuk aneh dan lucu, termasuk watak dan tingkah polanya. Film ini dibuat untuk memperkenalkan tokoh - tokoh pewayangan Punakawan dan kebudayaan Indonesia lainnya kepada generasi muda indonesia. Agar kebudayaan indonesia tetap di kenal dan tetap dipertahankan oleh generasi muda indonesia.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardian Kresna. 2012. Punakawan - Simbol Kerendahan Hati Orang Jawa. [Online]. Tersedia di : http://id.wikipedia.org [Diakses 24 Oktober 2013].

Barthes. 1998. Ada Makna di Balik Shot. [Online]. Tersedia di :http://id.scribd.com/doc/55022153/SinemaTografi [Diakses 26 Oktober 2013].

Fendi E Wahyudi. 2012. Globalisasi dan Feodalisme Baru : Menakar Persebaran Teknologi Dalam Globalisasi. [Online]. http://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=74675 [Diakses 26 Oktober 2013].

Halas, J. and Roger Manvell. 1973. The Technique of Film Aanimation. [Online]. Tersedia di : http://kelompokkami.wordpress.com/3d-animation/ [Diakses 26 Oktober 2013].

Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Teknik dan Perancangan Animasi. [Online]. Tersedia di : http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-teknik-dan-perancangan.html#ixzz2emZnnOBA [Diakses 17 September 2013].

Wikipedia. (2011). 3D_MODELING. http://en.wikipedia.org/wiki/3D_modeling. [Diakses pada tanggal 10 Juni 2012].

Wikipedia. (2011). 3_DIMENSI. http://id.wikipedia.org/wiki/3_dimensi. [Diakses pada tanggal 10 Juni 2012].
Published
2015-09-01
How to Cite
WIJAYA, Wahyu Agnes. PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PEWAYANGAN PUNAKAWAN. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 9, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2173>. Date accessed: 05 dec. 2019.