APLIKASI VISUALISASI STRUKTUR TULANG DAN PENYAKIT TULANG MANUSIA

  • Hizkia Christian Prenamia Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Manekin merupakan alat peraga yang sering digunakan oleh seorang dokter tulang. Alat peraga membantu seorang dokter untuk menjelaskan kondisi yang dihadapi pada seorang pasien, namun alat peraga ini tidak selalu tersedia saat dokter akan menjelaskan kondisi pasien. Saat ingin menjelaskan sebuah penyakit akibat kerusakan tulang, dokter hanya melakukannya secara verbal. Penjelasan verbal dapat menimbulkan perbedaan pandangan atas suatu kondisi karena perbedaan persepsi antara dokter dan pasien. Aplikasi yang digunakan oleh dokter saat ini masih kurang efektif. Seorang dokter menggunakan beberapa aplikasi karena aplikasi yang ada tidak dibuat khusus untuk kebutuhan dokter tulang. Dari masalah dan kebutuhan yang ada, dibuat sebuah aplikasi interaktif untuk membantu dokter dalam menjelaskan kondisi pasien. Aplikasi ini digunakan dalam perangkat android agar mudah dibawa. Aplikasi ini juga menampilkan beberapa penyakit yang umum terjadi akibat patah tulang. Dibuat dengan adobe flash, adobe illustrator dan 3DS Max, aplikasi ini di rancang untuk menampilkan tampilan 3D dari tulang dan animasi mengenai penyakit yang timbul akibat patah tulang. Pada aplikasi ini dokter dapat menampilkan visualisasi bagian tertentu dari struktur tulang manusia untuk menjelaskan kondisi yang dihadapi pasien. Dokter juga dapat menampilkan beberapa visualisasi penyakit tulang yang umum dihadapi. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan meminta user menggunakan aplikasi serta memberikan kuisioner kepada pasien dan interview kepada dokter selaku user. Dari hasil evaluasi didapatkan hasil positif. User merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini dan pasien juga merasa terbantu dalam memahami kondisi yang dihadapi. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi alternatif untuk membantu dokter dalam menjelaskan kondisi pasien. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brunner dan Suddath. (2001). Keperawatan Medikal Bedah edisi 8 volume 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran

Long, B.C. (1996). Perawatan Medikal Bedah (Suatu Pendekatan Proses Keperawatan), Bandung : Yayasan Ikatan Alumni Pendidikan Keperawatan Bandung.

Syaifuddin, DRS. H. (2001). Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan, Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

McCloskey & Bulechek. (1996). Nursing Interventions Classifications, Second edition, New York: Mosby-Year book.Inc,

Doengoes, E Marilyn. (1999). Rencana Keperawatan: pedoman untuk perencanaan dan pendokumentasian perawatan pasien edisi 3. Jakarta: EGC

Corwin. (2000). Hand Book Of Pathofisiologi, Jakarta: EGC

Sihombing, Danton (2001). Tipografi dalam Desain Grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nugroho, Eko (2008). Pengenalan Teori Warna, Yogyakarta: Andi

HERNITA (2012). PANDUAN Aplikatif dan Solusi : Beragam Desain Game Edukasi dengan Adobe Flash CS,. Semarang: Andi

Cavendish, Marshall (2003). How it Works: Science and Technology, New York: Marshall Cavendish Corporation
Published
2015-09-01
How to Cite
PRENAMIA, Hizkia Christian. APLIKASI VISUALISASI STRUKTUR TULANG DAN PENYAKIT TULANG MANUSIA. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 9, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2175>. Date accessed: 06 dec. 2019.