ANALISIS & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SIKLUS PENDAPATAN UNTUK MENINGKATKAN INTERNAL CONTROL PT AZAHRO TOUR & TRAVEL DI SURABAYA

  • Dzakhirotus Tsaminah Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Adhicipta Raharja Wirawan Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi semakin banyak digunakan dalam suatu badan usaha agar tetap dapat bertahan dalam persaingan dunia bisnis yang semakin ketat. Walaupun sudah banyak teknologi informasi yang beredar, masih banyak badan usaha yang masih belum menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi tersebut karena berbagai keterbatasan. Dalam suatu sistem informasi akuntansi terkandung unsur-unsur pengendalian, oleh karena itu, baik buruknya sistem informasi akuntansi sangat mempengaruhi fungsi manajemen dalam melakukan pengendalian internal. Salah satu bagian penting dalam perusahaan yang perlu diterapkan pengendalian internal adalah siklus pendapatan, karena apabila tidak dikelola dengan baik akan berdampak terhadap keberlangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal terkait siklus pendapatan yang diterapkan pada salah satu perusahaan jasa tour & travel PT Azahro yang berada di kota surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Dari penelitian yang didapatkan, Sistem pendapatan pada PT Azahro Tour dan Travel Surabaya diterapkan dengan beberapa prosedur, namun dinilai masih bersifat tradisional dan menimbulkan permasalahan-pernasalahan baru sehingga perlu dilakukan pembaharuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-01
How to Cite
TSAMINAH, Dzakhirotus; WIRAWAN, Adhicipta Raharja. ANALISIS & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SIKLUS PENDAPATAN UNTUK MENINGKATKAN INTERNAL CONTROL PT AZAHRO TOUR & TRAVEL DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 9, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2557>. Date accessed: 29 mar. 2020.