PENGARUH PELATIHAN SELF LEADERSHIP TERHADAP PENINGKATAN JOB CRAFTING PADA WIRANIAGA AUTO2000 CABANG A.YANI SURABAYA

  • Tyas Tunjung Pinasti Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Frikson C. Sinambela Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 346 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 394 times
Keywords: job crafting, wiraniaga, pelatihan, self leadership

Abstract

Semakin ketatnya persaingan perusahaan otomotif menuntut perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu sumber daya yang menjadi perhatian yaitu wiraniaga karena merupakan faktor penggerak perusahaan dalam mencapai target yang diharapkan. Namun seringkali wiraniaga tidak dapat mencapai target yang diharapkan sehingga dibutuhkan job crafting untuk membantu karyawan merekayasa suatu pekerjaannya sehingga memudahkannya dalam pencapaian target. Job crafting adalah kemampuan melakukan perubahan batas-batas dan kondisi tugas-tugas pekerjaan, hubungan kerja dan makna dari pekerjaan. Oleh karena itu pada penelitian ini akan memberikan pelatihan “Lead Your Self” sebagai bentuk intervensi untuk meningkatkan job crafting. Pelatihan ini bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan “Lead Your Self” terhadap peningkatan job crafting pada wiraniaga Auto2000. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen yang dalam pelaksanaanya ditambahkan follow up. Populasi penelitian ini berjumlah 14 subjek yaitu 7 subjek pada kelompok eksperimen dan 7 subjek pada kelompok control. Berdasarkan hasil uji beda diketahui bahwa pelatihan “Lead Your Self” tidak ada perbedaan signifikan terhadap partisipan yang mendapatkan treatmen pelatihan sebab p > 0,05. Namun apabila ditelaah melalui metode wawancara dan observasi dapat dilihat bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah intevensi yang telah diberikan. Hal yang dapat menyebabkan tinggi rendahnya job crafting yaitu dapat disebabkan oleh faktor kepribadian maupun situasional. Selain itu job crafting dibutuhkan inisiatif dan proaktif yang tinggi untuk dapat mencapainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. 2010. Reliabilitas dan validitas. Yogayakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bakker, Arnold. B. 2012. Job Demands-Resourches Theory. Eindhoven University of Technology, The Netherlands

Bakker, A.B., & Demerouti, E. 2007. The job demands-resources model;state of the art. Journal of Managerial Psychology, 22,309-328.

Mangkuprawira. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia Indonesia

Manz, C. C.& Neck, C.P. 2004. Mastering self leadership : Empowering yourself for personal excellence ( Third Edition). Pearson Prentice Hall. Upper Sadle River, New Jersey.

Sjoberg, L. 2005. Personality and emotional intelligence as factors in sales performance. Departement of Economic Psychology – Stockholm School of Economics. Organisational Theory and Practice No.2.

Tims & Bakker, Arnorld. 2010. Job Crafting : Toward a new model of individual job redesign. SA Journal of Industrial Psychology

Tims. M, Bakker. A.B., Derks D & Rhenen Williem V. 2013. Job crafting at the team and individual level : Implication for work enggagement and performance. Group Organization Management

Tims, M., Bakker, A. B., & Derks, D. (2012). The development and validation of the Job Crafting Scale. Journal of Vocational Behavior, 80, 173–186

Wrzesnewski, A & Dutton, J.E. (2001). Crafting a job : Revisioning Employees as Active Crafters of them work. Academy of Management Review, 26 (2), 179-201
Published
2016-03-01