HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN DOSEN LABORATORIUM MINAT DENGAN KEMANTAPAN KARIR MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA

  • Fanny Trisnawati Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya korelasi antara persepsi terhadap peran dosen laboratorium minat dengan kemantapan karir mahasiswa. Subjek penelitian adalah 162 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah Penyusunan Proposal Penelitian dan yang sedang mengerjakan skripsi, dengan asumsi mereka telah memilih laboratorium minat yang dibentuk untuk menunjang kemantapan karir mereka. Pengambilan data menggunakan metode angket terbuka dan angket tertutup. Hasil uji nonparametrik dengan teknik korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel (r= 0,317, p= 0,000), yang berarti bahwa semakin baik peran dosen laboratorium minat yang dipersepsikan maka semakin tinggi tingkat kemantapan karir mahasiswa. Sumbangan efektif yang diberikan cukup kecil (r2= 10%), dan dari hasil data ditemukan bahwa faktor-faktor lain yang berperan terhadap kemantapan karir adalah media informasi internet, serta figur orangtua dan teman yang banyak berperan dalam pemberian dukungan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02
How to Cite
TRISNAWATI, Fanny. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN DOSEN LABORATORIUM MINAT DENGAN KEMANTAPAN KARIR MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 - 8, sep. 2012. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/33>. Date accessed: 24 june 2019.