STUDI DESKRIPTIF PENERPAN SERVICESCAPES PADA RESTORAN WAROENG BAMBOE KOTA BATU MENURUT PERSEPSI KONSUMEN

  • Sherend Lia Angelina Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Servicescape berperan penting dalam kemajuan hubungan perusahaan dengan konsumen maupun karyawan, produk dan jasa di desain menjadi satu kesatuan yang memberikan image tertentu sehingga mampu menarik reaksi emosional konsumen, karena itu servicescape sangat penting dalam pembentukan kesan atau awal dalam membentuk harapan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescapes pada restoran Waroeng Bamboe Kota Batu, dengan menggunakan 3 dimensi dari servicescapes yaitu ambient conditions; spatial layout and functionality; sign, symbol and artifacts. Target populasi yaitu responden pria dan wanita yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Berdomisili baik di Batu dan luar kota Batu, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Memiliki karakteristik populasi yaitu pelanggan yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif yakni antara lain Mean (rata-rata), Standard Deviation (simpangan baku), Koefisien Varians. Dari hasil penelitian didapatkan hasil nilai rata-rata hitung tertinggi ditunjukkan oleh dimensi Ambient Conditions terutama ditunjukkan oleh indikator kesejukan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Responden merasakan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu sejuk dan membuat responden nyaman berada di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bitner, Mary Jo (1992), Servicescape: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employess. Journal of Marketing, Vol. 56 April, (57-71).

Cockrill, Mark and Emberson (2008), Marketing Intelligence and Planning Vol. 26 No. 2, Emerald Group Publishing Limited.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary (2003), Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke sembilan, Jakarta, PT. Indeks.

Kotler, P., 2003, Marketing Management : International Edition, Eleventh Edition, Pearson Educations Inc, Prentice Hall, Northwestern university, New Jersey.

Lovelock, C., Wirtz J., Keh H.T., dan Lu X., 2005, Service Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.

Marsum, W. A. (2000). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta Riggio, (1990). Dimensi dalam Memahami Persepsi Pelanggan, Artikel Pemasaran Jasa, edisi ketiga (1-2)

Schiffman, Leon G., Kanuk L.L., 2007, Consumer Behavior, Ninth Edition, Pearson Prentice Hall.

Zeithaml, Valerie A., Bitner M.J., Gremler Dwayne D., 2009, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Fifth edition, McGraw Hill International.

Zeithaml, Valerie A., Bitner Mary Jo. (1996). Service Marketing, International Editions. Singapore: Mc Graw-Hill (516-538).

http://adisubrata.multiply.com/photos/album/19 (diunduh Oktober 2012)

http://alwaysvacation-alwaysvacation.blogspot.com/2009/01/liburan-awal-tahunkita-ke-kota-batu.html (diunduh Oktober 2012)

http://binaukm.com/2010/05/definisi-rumah-makan-dan-restoran-pelaung-usaharumah-makan/ (diunduh Oktober 2012)

http://batukota.bps.go.id/publikasi/dda_2011/ (diunduh Oktober 2012)

http://www.batukota.go.id/profil/ (diunduh Oktober 2012)

http://www.budpar.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=16&id=1070 (diunduh Oktober 2012)

http://diarikoetjing.blogspot.com/2012/01/review-warung-bamboe-lesehan.html (diunduh Oktober 2012)

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/hotl/2004/jiunkpe-ns-s1-2004-33498158-8983-mie_hotpletchapter2.pdf (diunduh Oktober 2012)

http://jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan-statistik/brs-jawa-timur/brs-pariwisatajatim/225-selama-bulan-juli-2012-jumlah-wisman-dari-pintu-masuk-juanda-dantpk-hotel-berbintang-di-jawa-timur-masing-masing-turun-838-persen-dan-470-poin- (diunduh Oktober 2012)

http://jatim.bps.go.id/e-pub/2012/jtda2012/ (diunduh Oktober 2012)

http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mpp_0707412_chapter2.pdf (diunduh Oktober 2012)

http://mamalina.wordpress.com/2008/04/08/6/ (diunduh Oktober 2012)

http://www.waroengbamboe.co.cc/ (diunduh Oktober 2012)

http://www.scribd.com/doc/36201054/10/Pengertian-Persepsi (diunduh Oktober 2012)

http://www.scribd.com/doc/18548117/klasifikasi-restoran(diunduh Oktober 2012)

www.bps.go.id/brs_file/pdb_banner1.pdf (diunduh Oktober 2012)

www.kotawisatabatu.com (diunduh Oktober 2012)
Published
2013-03-01
How to Cite
ANGELINA, Sherend Lia. STUDI DESKRIPTIF PENERPAN SERVICESCAPES PADA RESTORAN WAROENG BAMBOE KOTA BATU MENURUT PERSEPSI KONSUMEN. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 11, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/353>. Date accessed: 20 nov. 2017.