PERILAKU KONSUMEN MOBIL MPV DI SURABAYA

  • Risky Adrian Handoyo Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Pasar mobil di Indonesia didominasi oleh mobil serba guna atau MPV (Multi Purpose Vehicle). Selain MPV digemari masyarakat karena mempunyai fungsi untuk mengangkut penumpang lebih banyak (keluarga) dan juga disebabkan karena kualitas produk yang dimilikinya berbeda dengan mobil selain jenis MPV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen mobil MPV di Surabaya, dimana banyak berbagai alasan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan suatu pembelian yang akan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Jenis penelitian ini adalah riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Penelitian ini menggambarkan perilaku konsumen Mobil MPV di Surabaya Metodologi yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan metode Analisis Distribusi Frekuensi yaitu membagi responden ke dalam beberapa kelompok yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan proporsi  jumlah responden berdasarkan jawaban yang diberikan dalam kuesioner yang didukung dengan membuat tabel frekuensi, Tabulasi Silang (crosstabulation) yang berfungsi untuk mengkorelasikan seluruh item yang menjadi pembentuk 5W+1H dengan karakteristik responden, dan Diagram Batang yang berfungsi untuk memudahkan dalam proses pengidentifikasian temuan peneliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar pengguna atau konsumen Mobil MPV usia antara 26 – 35 tahun yang berjenis kelamin laki-laki, dengan tingkat pendidikan S1. Berdasarkan pekerjaannya, sebagian besar responden ini adalah wiraswasta dengan tingkat pengeluaran antara Rp 2.500.001 – Rp 3.500.000. Diantara merek mobil jenis MPV ternyata pengguna mobil jenis MPV merek Toyota Avanza adalah yang paling banyak, yang rata-rata dipengaruhi oleh keluarga. Alasan tertarik mobil jenis MPV sebagian besar karena kenyamanan dan kapasitasnya yang besar, dengan waktu pembelian adalah pada saat membutuhkan. Sebagian besar responden menyatakan melakukan pembelian mobil jenis MPV di dealer mobil, dengan sumber dari majalah/brosur/koran. Selain itu, cara pembelian yang dilakukan oleh responden adalah kredit, dengan frekuensi penggunaan setiap hari. Hampir seluruh responden menyatakan puas dengan mobil jenis MPV yang dimilikinya dengan alasan kenyamanan dan muat banyak.

References

Goenadhi, L., 2011, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 12 Nomor 2.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Kasali, R (2007). Membidik pasar indonesia segmentasi, targeting dan positioning. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip., dan Armstrong, Gary, 2008, Principles Of Marketing, International Edition, Jilid 12, Prentice Hall, London.

Lamb, Charles W. dan joseph F. Hair, dan carl Mc Daniel, 2011, Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu, A. A., (2002), Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Bandung : PT Refika Aditama.

Matsaini, 2012, Analisis Perilku Konsumen. Jurnal Penelitian, Universitas Trunojoyo Madura. Rangkuti, Freddy, 2006, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Measuring Custome Satisfaction), Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L. & Kanuk, L.L., 2008, Perilaku konsumen, (Zoelkifli Kasip), Jakarta, Indeks.

Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ke-tiga, Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta.

Silalahi, Anggiat, 2001, Analisis Perilaku Konsumen The Celup dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran di Daerah Kotamadya Bogor,

http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/
123456789/12400/A01aas_abstract.pdf?sequence=2, diunduh pada tanggal 16 Oktober 2012.

Simamora Bilson, 2003, Memenangkan Pasa Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitable, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, Bilson, 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyawaty, R., 2010, Perilaku Konsumen dalam Menggunakan Kartu Kredit di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Penelitian, Universitas Gunadarma.

Sumarwan, U., 2002, Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Swasta & Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Edisi 1, Cetakan 3, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, Chandra, G. dan Andraiana, 2008, Pemasaran Strategik, Yogayakarta.

Website;

http://www.kaltimpost.co.id, diunduh pada tanggal 19 November 2012.

www.kompas.com, diunduh pada tanggal 19 November 2012.
Published
2013-03-01
How to Cite
HANDOYO, Risky Adrian. PERILAKU KONSUMEN MOBIL MPV DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 24, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/372>. Date accessed: 20 sep. 2017.