FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA PERIODE 2006-2016

  • Irfan Eko Saputera Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 924 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 493 times
Keywords: Government Expenditure, Unemployment Rate, Inflation, Poverty Rate

Abstract

Abstrak - Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model statistik untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Provinsi Papua berdasarkan data dari Belanja Pemerintah, Tingkat Pengangguran, dan Inflasi periode 2006 hingga 2016. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Belanja Pemerintah, Tingkat Pengangguran, dan Inflasi dengan variabel terikat yaitu Tingkat Kemiskinan di Provinsi Papua. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari website resmi Badan Pusat Statistik Indonesia dan Bank Indonesia. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang telah dilakukan sebelumnya di berbagai daerah maupun negara lain. Berdasarkan uji empiris yang dilakukan menunjukkan bahwa Belanja Pemerintah berpengaruh negatif terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Papua sedangkan Tingkat Pengangguran dan Inflasi berpengaruh Positif terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Papua.

Kata Kunci: Belanja Pemerintah, Tingkat Pengangguran, Inflasi, dan Tingkat Kemiskinan

Abstract - This research uses quantitative approach with statistical model to test factors influencing Poverty Level in Papua Province based on data from Government Expenditure, Unemployment Rate and Inflation in period 2006 until 2016. The independent variables in this research are Government Expenditure, Unemployment Rate , and Inflation with dependent variable that is Poverty Level in Papua Province. The data used in this research is obtained from the official website of Indonesian Central Bureau of Statistics and Bank Indonesia. This study refers to research that has been done previously in various regions and other countries. Based on empirical test conducted shows that Government Expenditure negatively affect Poverty Level in Papua Province while Unemployment and Inflation Rate Positive Influence to level of poverty in Papua Province.

Keywords: Government Expenditure, Unemployment Rate, Inflation, and Poverty Rate

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bappenas. 2004. Rencana Strategis Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Jakarta.

BPS, 2008. Analisis dan Perhitungan Tingkat Kemiskinan. Jakarta.

Ghozali, Imam 2013. Analisis Multivariat dan Ekonometrika : Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan EVIEWS 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Muhson, Ali. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi. 2003. Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.

World Bank, 2007. Era Baru dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia.
Published
2019-09-01