ANALISIS PERILAKU NASABAH ASURANSI SYARIAH

  • Arafike Fisabilia Achwan Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 255 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 208 times
Keywords: Service, Product, Promotion, Interest of Customer

Abstract

INTISARI Penelitian ini di latar belakangi oleh minat nasabah pada asuransi syariah. Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam berasuransi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Padahal di Indonesia potensi pasar industri asuransi syariah untuk berkembang sangat besar, mengingat mayoritas (80%) penduduk Indonesia beragama Islam. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah asuransi syariah, sampel diambil sebanyak 96 responden dengan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data melalui kuisioner skala likert 1-5, teknik analisis data menggunakan uji instrumen, asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pelayanan berpegaruh dan signifikan, promosi berpengaruh tidak signifikan dan produk berpengaruh tidak signifikan. Secara simultan pelayanan, promosi dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah.

Kata kunci: Pelayanan, Produk, Promosi, Minat Nasabah.

ABSTRACT This research is motivated by the interest of customers on syariah insurance.The level of awareness of Indonesians in insurance is still very low compared to other countries.Whereas in Indonesia the market potential of the syariah insurance industry to grow very large,because the majority (80%) of the population of Indonesia is Muslim.This research uses quantitative descriptive method.The population in this study is syariah insurance customers, samples were taken from 96 respondents with nonprobability sampling technique. Data collection through questionnaires likert scale 1-5,data analysis techniques use instrument test, classical assumption and hypothesis test.The results of this study indicate that partially services have an effect on and significant. promotion is not significant and product has no significant effect. Simultaneously services, promotions and products have a positive and significant impact on customer interest.

Keywords: Service, Product, Promotion, Interest of Customer

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Khoiril. 2007. Asuransi Syariah Halal dan Maslahat. Solo: Tiga Serangkai.

Bajammal, Naimah Helmi (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Asuransi AIA Financial Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5 No 3.

Bhuono. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Fauzi, Yayan. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung di perbankan syariah (kasus pada bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Undip.

_____________. 2012. Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hal 96.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Istijanto. 2009. Aplikasi Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: indeks. Hal. 272.

Kuniartha, Alvernia. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam berasuransi dan peluangnya untuk memilih Asuransi Syariah. Tesis.
Jakarta: Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 1998. Perilaku Konsumen. Bandung : Eresco Anggota IKAPI.

________________________. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Eresco Anggota IKAPI

Mappiare, Andi. 1982. Psiklogi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional. Hal. 82

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurastuti, Wiji. 2011. Teknologi Perbankan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nursalim, Rochmat (2014). Faktor-faktr yang mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Purworejo Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 10 No 1a.

Puspitasari, Novi. 2011. “Sejarah dan Perkembangan Asuransi Islam serta Perbedaanya dengan Asuransi Konvensional”. JEAM Vol X No. 1.

Soemitra, Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

________. 2007. Materi Pengumpulan Data. Jakarta: Erlangga. Hal 138

________. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syariah Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insan.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen Panduan Riset Sederhana Untuk Menggali Konsumen, Yogyakarta : CAPS. Hal 10-11.

Syahatah, Husain. 2006. Asuransi dalam Perspektif Syariah. Jakarta: Amzah.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Promosi. Yogyakarta: Andi

_______, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta: Andi

Triana, Agus Gozali. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beli jasa Asuransi Takaful Dana Pendidikan (studi kasus pada nasabah PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Yogyakarta) Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yadi, Janwari. 2005. Asuransi Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Yulianti, Lilis, 2011, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Sukuk, Jurnal Universitas Jember.
Published
2019-09-01