PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA DISTRIBUTOR ICE CREAM DAN SNACK “X”

  • Michael Tandiono Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 312 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 318 times
Keywords: Akuntansi, distributor, informasi, laporan, system

Abstract

Distributor Ice Cream dan Snack “X” merupakan perusahaan yang berkecimpung pada penjualan dan pembelian di bidang makanan, terutama ice cream dan snack yang memiliki brand tersendiri. Seiring bertambahnya brand, sistem informasi dikelola mengalami kesulitan dalam membuat beberapa laporan tambahan dan penambahan sistem, yakni akuntansi. Laporan-laporan yang dibutuhkan seperti laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan penjualan maupun pembelian, faktur pajak dan laporan yang bersangkutan dengan sistem informasi akuntansi yang terjadi pada perusahaan ini. Desain yang dilakukan terbagi atas tiga, yakni desain DFD, desain database dan desain program. Desain DFD dilakukan dengan perjalanan data yang ada pada perusahaan ini. Untuk desain database didapat dari pengelolaan data yang didapat dari analisa pada perusahaan, kemudian dibuat pada perangkat lunak mysql. Sedangkan desain program dilakukan dengan pembuatan coretan pada kertas kemudian diimplementasikan ke program vb.net 2008. Hasil yang didapatkan yakni program yang telah dibuat sudah memenuhi kebutuhan, hanya saja tampilan yang monoton. User friendly yang terdapat pada program tergolong cukup, terdapat beberapa tampilan yang kurang user friendly dikarenakan tombol yang berukuran kecil. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini dalam pembuatan program terasa cukup cocok dengan perusahaan ini, karena program dapat berjalan lancar hanya saja tampilan yang terdapat dalam program kurang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elmasri, Ramez and Shamkant B. Navathe. 2000. Fundamentals of Database System, Third Edition. The Benjamin / Cummings Publishing Company, Inc, United States of America.

Elsaid, Fairuz. 2010. Analisis Sistem Informasi – Diagram Alir Data (DAD)/ Data Flow Diagram (DFD). http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/08/analisis-sistem-informasi-diagram-alir-data-dad-data-flow-diagramdfd/Diakses 5 Februari 2011.

Fathansyah. 1999. Buku Teks Ilmu Komputer. Penerbit Informatika, Bandung.

Febriani. 2011. Pengertian Sistem. http://www.idafazz.com/pengertiansistem.php Diakses 4 Februari 2011.

Indah. 2011. Pengertian dan Definisi Informasi Menurut Para Ahli. http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_
para_ahli_info504.html Diakses 4 Februari 2011.

Lukman. 2010. Sistem Informasi. Pustaka Arafah, Solo.

Romney, Marshall B., Stembart, PaulJohn. 2000. Accounting Information System (8th ed.). Prentice Hall, New Jersey.

Saleh, Fikri. 2009. Model Entity Relationship. http://fikri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/11916/SBD1Pertemuan8dan9.pdf Diakses 5 Februari 2011.

Silfianti, Widya. 2003. Perancangan Sistem Informasi. http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/1004/Konsep+SI.pdf Diakses 4 Februari 2011.

Suhendra, Dadang. 2011. Data Warehouse. http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_
para_ahli_info504.html Diakses 4 Februari 2011.

Weygandt, Jerry J., Donald E. Kieso,dan Walter G. Kell. 1996. AccountingPrinciple (4th ed.). John Wiley & Sons,Inc, United Stated of America.

Wikipedia. 2011. Basis Data. http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data Diakses 25 Agustus 2011.

Yanuwardhana, Andika. 2011. Sistem Informasi. http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=810:sistem-informasi&catid=25:industri&Itemid=14 Diakses 25 Agustus 2011.
Published
2013-03-01