PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERINTEGRASI PADA KLINIK KECANTIKAN “X”

  • Riky Stevanus Adi Wijaya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Klinik kecantikan “X” bergerak pada bidang jasa, menyediakan jasa perawatan dan menjual produk – produk untuk memaksimalkan hasil perawatan yang ditawarkan. Saat ini proses transaksi bisnis pada klinik masih berjalan secara konvensional (paper-based) mulai dari pendaftaran pasien, pencatatan appointment, pembayaran, pencatatan biaya dan proses-proses lainnya. Dari sistem tersebut terdapat beberapa masalah antara lain diperlukan waktu yang cukup lama dalam penghitungan transaksi-transaksi yang ada. Data setiap transaksi bisnis yang berjalan pada klinik kecantikan yang meliputi pembelian, pembayaran, pendaftaran appointment, pendaftaran pasien dan proses lainnya disimpan pada sebuah basis data. Data tersebut langsung diolah menjadi laporan akuntansi yang tepat dan akurat.Pada tahap verifikasi, dilakukan uji coba terhadap program yang dibuat untuk memastikan bahwa program bebas dari kesalahan. Pada tahap validasi, dilakukan proses interview dengan user terkait guna memastikan bahwa program telah berjalan sesuai dengan kebutuhan sistem

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ellislab. 2006. CodeIgniter User Guide Version 2.1.0. http://ellislab.com/codeigniter/user-guide/ : INTERNET. dikutip pada tanggal 24 November 2012.

McLeod, R.2004. Sistem Informasi Manajemen (7th ed). Prentice-Hall Inc, New Jersey. 411 pp.

Wahyono, T. 2004. Sistem Informasi Akuntansi : Analisis, Desain, dan Pemrograman Komputer. Penerbit Andi, Salatiga.
Published
2013-03-01
How to Cite
WIJAYA, Riky Stevanus Adi. PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERINTEGRASI PADA KLINIK KECANTIKAN “X”. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 10, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/407>. Date accessed: 19 apr. 2019.