APLIKASI INTEGRASI KANSEI ENGINEERING DAN METODE TRIZ PADA LAYANAN VILLA NUNIA, BALI

  • Angeline Suseno Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Markus Hartono Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Rosita Meitha Surjani Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Pemenuhan kebutuhan emosional konsumen menjadi semakin penting untuk diperhatikan, terutama pada industri yang sedang berkembang, contohnya industri jasa. Salah satu industri jasa yang semakin berkembang saat ini yaitu industri properti di Bali, seperti hotel, villa, dan resort. Villa Nunia, salah satu villa di kawasan Seminyak, Bali yang cukup baru didirikan, masih terdapat kekurangan yang dikeluhkan para tamunya. Maka diperlukan peningkatan kualitas layanan untuk dapat memuaskan para tamu. Untuk memenuhi kebutuhan emosional, digunakan metode Kansei Engineering, yaitu suatu metode yang dapat menerjemahkan kebutuhan emosional manusia dalam parameter desain yang konkret melalui teknik tertentu (Nagamachi, 2002). Untuk mendapatkan solusi perbaikan yang inovatif, digunakan metode TRIZ, yaitu metode pemecahan masalah dengan cara mengeliminir kontradiksi sehingga mampu menghasilkan solusi yang inovatif (Chai et al., 2005). Dengan pengintegrasian kedua metode ini maka dapat diperoleh solusi ideal yang inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan emosional para tamu Villa Nunia. Dari hasil kuisioner, Kansei word yang paling dominan dirasakan para tamu adalah “Senang” dengan mean sebesar 4.45 dan yang paling kurang dirasakan adalah Kansei word “Bersih” dengan mean 3.82. Setelah itu dilakukan pemodelan untuk mengetahui atribut apa saja yang member pengaruh signifikan terhadap Kansei words. Terdapat 6 atribut yang membutuhkan perbaikan dengan menempati posisi kuadran III dan kuadran IV pada analisis kuadran serta berpengaruh pada Kansei words. Keenam atribut ini yang akan dicari solusi perbaikannya dengan metode TRIZ. Dengan mengaplikasikan solusi-solusi TRIZ yang didapatkan, maka kontribusi teoritis yang didapatkan yaitu pihak manajemen villa dapat memenuhi kebutuhan emosional para tamu, sementara kontribusi praktis yang didapatkan adalah pihak manajemen villa dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada para tamu, sehingga melalui kontribusi-kontribusi tersebut Villa Nunia dapat memenangkan persaingan antar hotel, villa dan resort di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Domb, E. 1997. The 39 Features of Altshuller’s Contradiction Matrix.

Hartono, M. dan Tan K. C., 2011. How the Kano model contributes to Kansei engineering in services, Ergonomics.

Chai, K.H., Zhang, J. dan Tan K. C., 2005. A TRIZ-Based Method for New Service-Design.

Kay C. Tan dan Theresia Pawitra, 2001. Integrating SERVQUAL and Kano’s Model into QFD for Service Excellence Development.

Nagamachi, M., 1995. Kansei Engineering: A New Ergonomic Consumer-Oriented Technology for Product Development
Published
2013-03-01
How to Cite
SUSENO, Angeline; HARTONO, Markus; SURJANI, Rosita Meitha. APLIKASI INTEGRASI KANSEI ENGINEERING DAN METODE TRIZ PADA LAYANAN VILLA NUNIA, BALI. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 19, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/422>. Date accessed: 21 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)