PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SALON CARLA DI SURABAYA

  • Jimmy Indra Gunawan Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Rosita Meitha Surjani Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Esti Dwi Rinawiyanti Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengevaluasi perilaku konsumen salon Carla dan salon Fank agar dapat mempertahankan konsumen yang lama dan memperoleh konsumen baru dan merancang strategi pemasaran salon Carla berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi bagi salon Carla untuk meningkatkan jumlah pelanggan melalui strategi pemasaran yang dirancang. Segmentasi yang dilakukan adalah berdasarkan demografi yaitu orang berusia 16 – 25 tahun (67%), pekerjaan pelajar/mahasiswa (57%), rata – rata pengeluaran per bulan antara satu juta – tiga juta (60%). Untuk target yang dituju adalah remaja dan orang dewasa berusia 16 – 25 tahun, rata – rata pengeluaran per bulan satu juta – tiga juta, pergi ke salon tiap satu bulan sekali, dan pengeluaran sekali ke salon sebesar Rp 50.000 – Rp 100.000. Positioning yang dapat dilakukan untuk membangun image salon Carla agar beda dari salon yang lain yaitu dengan membuat tagline Make your shine & comfortable”. Diferensiasi yang dimiliki salon Carla adalah memberikan kualitas yang bagus dan hasil yang memuaskan selain itu juga menyediakan fasilitas – fasilitas lengkap yang tidak terdapat pada salon lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariestonandri, Prima (2006), Marketing Research for Beginner. Panduan Praktis Riset Pemasaran bagi Pemula. Yogyakarta: Andi.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas, Edisi ketiga, Yogyakarta: Pustaka belajar Offset.

Badan Pusat Statistik (2006). Distribusi Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Kota Surabaya Tahun 2006.

Badan Pusat Statistik (2009). Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2009 Provinsi Jawa Timur, Katalog BPS: 3101001.35.

James F. Engel (1994). Consumer Behavior, Seventh edition, Fort Worth: The Dryden.

Kasali, Rhenald. (1999). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targetting, Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management, Thirteenth edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi kedua belas, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santoso, S. dan Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.
Published
2013-03-01
How to Cite
GUNAWAN, Jimmy Indra; SURJANI, Rosita Meitha; RINAWIYANTI, Esti Dwi. PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SALON CARLA DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 15, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/425>. Date accessed: 19 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>