HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DAN HARGA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWI UNIVERSITAS SURABAYA

  • Talitha Rahma Universitas Surabaya
  • L. Verina Halim Universitas Surabaya
  • S.V. Heru Hariyanto Universitas Surabaya

Abstract

Toko online merupakan toko berbasis internet yang cara pemasarannya menggunakan website. Saat ini banyak masyarakat yang sudah mengenal toko online, toko tersebut menjadi salah satu alternatif transaksi jual beli, tak terkecuali mahasiswi Universitas Surabaya. Toko online memiliki kelebihan dalam hal transaksi pembelian, semua transaksi dilakukan melalui media. Akan tetapi konsumen yang ingin membeli produk online, hanya bisa melihat gambar saja melalui media, tidak bisa merasakan langsung produk yang diinginkan. Hal ini bertolak belakang dengan toko tradisional yang dapat melihat dan merasakan produk. Oleh karena itu, melihat maraknya jual beli online, konsumen dihadapkan pada dua sisi. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan layanan dan harga dengan kepuasan konsumen online shopping pada mahasiswi Universitas Surabaya. Kepuasan konsumen adalah kesesuaian antara harapan konsumen dengan produk yang sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian uji hubungan yang melibatkan 200 subjek mahasiswi Universitas Surabaya yang berusia 19 – 22 tahun dan pernah melakukan pembelian online paling sedikit dua kali. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan konsumen. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah jangan membatasi subjek online dengan kriteria paling sedikit dua kali pembelian, hal ini memicu penyebaran angket penelitian yang kurang merata. Sementara untuk konsumen online jika ingin mendapatkan produk online dan tidak mengeluarkan banyak biaya, hendak membeli di jejaring sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02
How to Cite
RAHMA, Talitha; HALIM, L. Verina; HARIYANTO, S.V. Heru. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DAN HARGA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWI UNIVERSITAS SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 - 12, sep. 2012. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/43>. Date accessed: 25 june 2019.