STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR KRUPUK UDANG UD. MATAHARI DI SURABAYA

  • Prisca Kristiningrum Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Rosita Meitha Surjani Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Esti Dwi Rinawiyanti Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Persaingan industri krupuk udang semakin hari semakin ketat. Sidoarjo sebagai pusat industri krupuk udang memperlihatkan persaingan krupuk udang semakin menjamur,salah satunya dirasakan oleh produsen krupuk udang UD. Matahari. Pihak UD. Matahari saat ini memerlukan suatu pengembangan pasar untuk dapat meningkatkan volume penjualan dan memperlebar daerah distribusi khususnya di Jawa Timur. Manajemen juga merasa perlu untuk mengembangkan produk yang sebelumnya untuk business to business menjadi business to consumer. Oleh sebab itu strategi pengembangan pasar sangat diperlukan. Analisis untuk menjawab tujuan dari penelitian adalah analisis deskriptif, analisis blind test dan one-way MANOVA, analisis MANOVA, analisis kuadran, analisis pesaing, analisis perilaku konsumen, analisis SWOT, perancangan STPD, bauran pemasaran 4P. Dari hasil analisis blind test dan one-way MANOVA merek krupuk udang Komodo dibandingkan dua kompetitor Finna dan Teratai, unggul pada semua variabel,krupuk renyah unggul dengan mean 4.44, krupuk mengembang setelah digoreng dengan mean 4.44, rasa udang terasa pada krupuk unggul dengan mean 3.71, warna krupuk terang unggul dengan mean 3.93, rasa krupuk enak unggul dengan mean 3.93. Dari analisis kuadran terdapat empat kuadran yang mewakili penyebaran plot variabel pada matriks. Variabel dengan tingkat kepuasan rendah dan perlu dilakukan perbaikan kinerja adalah kerenyahan krupuk udang Teratai dan krupuk mengembang setelah digoreng. Variabel dengan tingkat kepuasan tinggi dan perlu mempertahankan kinerja adalah mengenai harga ditawarkan wajar, ketersediaan barang selama ini di pasaran, Isi yang dirasa sesuai dengan berat yang tertulis pada kemasan dan kemudahan pelanggan lama memperoleh produk. Segmentasi dari krupuk udang Teratai di pasar Surabaya berdasarkan aspek demografis yaitu ibu rumah tangga sebesar 49% dengan pengeluaran rata-rata per bulan Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000 yaitu masyarakat ekonomi kelas menengah. Berikutnya dilakukan perancangan bauran pemasaran 4P dan perancangan kemasan krupuk udang Teratai 500 gr produk baru UD. Matahari untuk pengembangan pasar di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Aaker, David. 1995. Strategic Market Management. Canada: John Wiley&Sons,inc.

Klimchuk, Marianne R dan Krasovec, Sandra A. 2007. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran 1 Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Subiyakto, Haryono. 1995. Statistika (Inferen) untuk Bisnis. Yogyakarta: BPSTIE YKPN.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Umar, Husein. (1997), Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2013-03-01
How to Cite
KRISTININGRUM, Prisca; SURJANI, Rosita Meitha; RINAWIYANTI, Esti Dwi. STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR KRUPUK UDANG UD. MATAHARI DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/430>. Date accessed: 19 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>