PENINGKATAN BERKELANJUTAN KINERJA DIREKTORAT PENJAMINAN MUTU DAN AUDIT INTERNAL UNIVERSITAS SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9004:2009

  • Sifra Hana Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Dalam dunia pendidikan, perguruan tinggi bersaing dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan serta sarana dan prasarananya. Diperlukan sistem manajemen mutu yang menjamin efektifitas dan efisiensi dari proses kerjanya. Apabila Universitas telah memiliki sistem manajemen mutu (seperti ISO 9001:2008), perlu adanya pengintegrasian dengan standar untuk peningkatan kinerja organisasi seperti sistem manajemen mutu ISO 9004:2009. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kebutuhan untuk perbaikan berkelanjutan serta peningkatan standar kualitas yang merupakan misi Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI) Universitas Surabaya. DPMAI bertanggungjawab atas pengelolaan sistem manajemen mutu di Universitas Surabaya. Perbaikan dan peningkatan dilakukan dengan pendekatan ISO 9004:2009. Langkah pertama adalah mengukur kinerja sistem manajemen mutu dengan identifikasi menggunakan metode scanning gap dan scoring Self-Assessment Tool (SAT). Kemudian menganalisis gap yang didapatkan serta mencari akar permasalahannya. Dari hasil scanning gap didapat 213 pertanyaan yang sesuai dan 15 pertanyaan yang tidak sesuai antara kondisi sistem manajemen dengan persyaratan ISO 9004:2009. Untuk identifikasi level kinerja dengan scoring SAT, level kinerja yang masih rendah terkait peningkatan, inovasi dan pembelajaran. Terakhir adalah melakukan tindakan perbaikan. Tindakan perbaikannya yaitu rancangan prosedur pengolahan dan efisiensi limbah cair,  prosedur terkait pertimbangan panas, kelembaban, cahaya dan aliran udara, prosedur evaluasi diri, prosedur Benchmarking atau pembandingan serta rancangan tindakan inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chatab, Nevizond. (1997), Mendokumentasikan Sistem Mutu ISO 9000, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.

Gaspersz, Vincent.(2002), ISO 9001:2000 and Continual Quality Improvement, Edisi Pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suardi, Rudi. (2003), Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000 : Penerapan untuk mencapai TQM, Edisi Kedua, Penerbit PPM, Jakarta.

ISO 9000:2005, Sistem Manajemen Mutu – Dasar-Dasar dan Kosakata

ISO 9001:2008, Persyaratan dan Perubahan

ISO 9004:2009, Pengelolaan pada Sukses Berkelanjutan dari Suatu Organisasi

Rosiawan, M. (2008), Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Edisi 1, Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Univeritas Surabaya, Surabaya.

Panduan Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) Bidang Akademik.2006.Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2013-03-01
How to Cite
HANA, Sifra. PENINGKATAN BERKELANJUTAN KINERJA DIREKTORAT PENJAMINAN MUTU DAN AUDIT INTERNAL UNIVERSITAS SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9004:2009. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/433>. Date accessed: 21 apr. 2019.