PERANCANGAN MAINAN EDUKATIF PENGENALAN TOKOH PEWAYANGAN BAGI MURID SEKOLAH DASAR (USIA 10-12 TAHUN)

(Studi Kasus SDN Kebraon I Surabaya)

  • Ananti Denova Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Indonesia memiliki budaya yang sangat beraneka ragam. Keanekaragaman budaya tersebut sangatlah penting karena budaya merupakan identitas asli bangsa Indonesia. Wayang merupakan kesenian tradisional yang dapat berkembang dari jaman ke jaman dan mampu menerima penyesuaian dari budaya luar yang masuk ke Indonesia. Namun sekarang banyak orang yang sudah meninggalkan kesenian tradisonal ini. Masyarakat modern seakan acuh (tidak peduli) terhadap warisan tersebut. Kalangan generasi muda seperti murid sekolah dasar, lebih mengenal artis-artis luar negeri dibanding tokoh pewayangan. Padahal wayang sendiri telah diajarkan sejak dini di jenjang sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh kurang tersedia media yang mampu menarik minat murid dalam mengenal wayang. Oleh karenanya, dibutuhkan media untuk menstimulasi (membangkitkan) minat murid agar tertarik dengan pewayangan Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif meliputi kuisioner dan metode kualitatif meliputi wawancara dan observasi langsung. Metode penelitian ini digunakan agar memperoleh keterangan dan data yang digunakan untuk tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu media yang bisa digunakan untuk pengenalan wayang adalah mainan edukatif. Dengan menggunakan permainan, murid tidak merasa sedang belajar sehingga proses belajar mengajar akan terasa menyenangkan.Konsep permainan yang digunakan adalah cultural toys dimana dalam permainan terdapat budaya wayang, sosial play untuk mengajarkan anak bersosialisasi dan ekplorasi strategi agar anak tertarik untuk memainkan permainan ini. Dengan produk ini diharapkan anak dapat tertarik mengenal tokoh wayang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aizid, Rizem. 2011. Atlas Tokoh – Tokoh Wayang. Jogjakarta : Diva Press.

Darmaprawiwa w.a, Sulami.2002.Warna : Teori dan Kreatifitas Penggunaannya edisi 2. Bandung : ITB.

Dorothy. 1985. Bentuk - bentuk permaianan untuk murid sekolah dasar. Journal of Macam - macam permainan motorik. 22-25. Febuari, 1985.

Hartatik S.pd, Sri. 2011. Pepak Basa Jawa. Surabaya : DUA MEDIA.

Kasali, Rhenald. 1998. Membidikan Pasar Indonesia : Segementasi, Targeting, Positioning. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.

Nurmianto, Eko. 2008. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya.

Palgunadi, Bram. 2008. Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Soetjiningsih. 1995. Syarat - Syarat Alat Permainan Edukasi yang Baik. Journal of Alat Permainan Edukatif. 8-9. Januari, 1995.

Subandi, Dwidjo.2008. Pinter Basa 3 : Wulangan Basa Jawa Sekolah Dasar Adhedasar Kurikulum Basa Jawa prov. Jawa Timur. Surabaya : Prima Media.
Published
2013-09-20
How to Cite
DENOVA, Ananti. PERANCANGAN MAINAN EDUKATIF PENGENALAN TOKOH PEWAYANGAN BAGI MURID SEKOLAH DASAR (USIA 10-12 TAHUN). CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. Hal. 1 - 17, sep. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/506>. Date accessed: 16 july 2018.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)