PENGARUH EXPRESSIVE WRITING PADA KECEMASAN MENYELESAIKAN SKRIPSI

  • Wahyuning Sri Herdiani Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini melakukan pengujian expressive writing kepada mahasiswa yuang mengalami kecemasan mengerjakan skripsi yang dialami mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2006- 2008 yang mengalami kecemasan kategori tinggi dan sangat tinggi berdasarkan tes STAI (State Trait Anxiety Inventory). Subjek penelitian ini sebanyak 8 subjek dari angkatan angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang mengalami kecemasan kategori tinggi dan sangat tinggi Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain pre-test post-test two group design. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket menggunakan angket STAI (State Trait anxiety Inventory). Hasil uji ANAKOVA pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan p (0,843) > dari α (0,05), yang artinya tidak ada perbedaan berbedaan mean kelompok kontrol (52,262) dan kelompok eksperimen (50,738) yang sigmifikan. Hasil ini menunjukan bahwa expressive writing tidak efektif untuk menurunkan kecemasan menyelesaikan skripsi. Hal ini terjadi karena expressive writing bukan untuk problem solving melainkan emotional coping sedangkan kasus yang skripsi merupakan masalah yang memerlukan problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02
How to Cite
HERDIANI, Wahyuning Sri. PENGARUH EXPRESSIVE WRITING PADA KECEMASAN MENYELESAIKAN SKRIPSI. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 - 19, sep. 2012. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/52>. Date accessed: 25 june 2019.