TINGKAT SELF CARE PASIEN RAWAT JALAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KALIRUNGKUT SURABAYA

  • Yessy Mardianti Sulistria Fakultas Farmasi Universitas Surabaya

Abstract

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk melakukan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sehinggga menyebabkan hiperglikemia (peningkatan kadar gula darah). Diabetes mellitus tipe 2 dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan penderitanya sehingga dapat mengancam jiwa apabila tidak segera ditangani dan dilakukan pengontrolan yang tepat. Masalah-masalah tersebut dapat diminimalkan dengan adanya pengelolaan terhadap DM yaitu dengan cara melakukan self care. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self care pasien rawat jalan Diabetes Mellitus tipe 2 di Puskesmas Kalirungkut Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi deskripftif menggunakan kuesioner SDSCA (Summary Diabetes Self Care Activities) yang terdiri dari lima komponen yaitu Diet, Aktivitas Fisik (olahraga), Pengukuran Kadar Gula Darah, Perawatan Kaki, Terapi. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampling, dengan sampel yang digunakan adalah pasien rawat jalan diabetes mellitus tipe 2 di Puskesmas Kalirungkut Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self care pasien rawat jalan diabetes mellitus tipe 2 di Puskesmas Kalirungkut Surabaya sudah cukup baik yaitu pada aktivitas self care mengenai pengaturan pola makan (diet), olahraga, dan dalam terapi. Namun pada pengukuran kadar gula darah dan perawatan kaki tingkat self care pasien masih kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Toobert J, et al, 2000, Summary Diabetes Self Care Activities, page 948-949.

Kusniwati, 2011, Analisis Faktor Yang Berkontribusi Terhadap Self Care Diabetes Pada Klien Diabetes mellitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Tangerang, Tesis ini tidak dipublikasikan, Depok, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Kusniyah Yulianti, 2010, Hubungan Tingkat Self Care Dengan Tingkat HbA1C Pada Klien Diabetes Melitus Tipe 2 di Poliklinik Endokrin RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung.

Sari, 2004, Penelitian Farmasi Komunitas dan Klinik, Gadjah Mada University Press Yogyakarta.
Published
2013-09-20
How to Cite
SULISTRIA, Yessy Mardianti. TINGKAT SELF CARE PASIEN RAWAT JALAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KALIRUNGKUT SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. Hal. 1 - 11, sep. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/602>. Date accessed: 19 apr. 2018.