IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE STATISTIK PADA XYZ

  • Wendy Christian Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 826 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1474 times
Keywords: Pengendalian Kualitas, Metode Statistik

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit dengan produk utama adalah Crude Palm Oil. Dalam menjalankan kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya untuk menghasilkan produk yang baik dan menekan terjadinya kecacatan produk dengan menetapkan batas toleransi kecacatan sebesar 2% dari keseluruhan jumlah produksi. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan adanya tingkat kecacatan yang melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengendalian kualitas produk pada PT XYZ dengan menggunakan metode statistik. Analasis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan metode statistik berupa check sheet, diagram pareto, peta kendali p, diagram sebab-akibat dan metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Hasil analisis menggunakan check sheet, diagram pareto dan peta kendali p menunjukkan bahwa dalam proses produksi masih terdapat produk cacat berupa produk yang kotor, kadar air tinggi dan asam lemak bebas yang tinggi namun proses produksi masih berada dalam batas kendali. Dari analisis sebab-akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan berasal dari faktor manusia, mesin, metode kerja, material dan lingkungan kerja. Selanjutnya berdasarkan analisis menggunakan metode FMEA prioritas utama perbaikan yang harus dilakukan oleh PT XYZ untuk mengurangi kecacatan yang melebihi batas toleransi adalah dengan melakukan rotasi karyawan, diikuti dengan melakukan pengawasan yang lebih ketat saat produksi kemudian memberikan reward and punishment berdasarkan kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisjahbana, Juita. 2005. “Evaluasi Pengendalian Kualitas Total Produk Pakaian Wanita Pada Perusahaan Konveksi”. Jurnal Ventura, Vol. 8, No. 1, April 2005.

Ariani, Dorothea W., Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif Dalam Manajemen Kualitas), Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.

Badrun M. 2010. Lintasan 30 Tahun Pengembangan Kelapa Sawit. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian Bekerjasama dengan GAPKI.

Besterfield, Dale H., Quality Control, 4th Edition, Prentice Hall International., New Jersey, 1994

Gasperz, Vincent, Statitical Process Control, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1998.

Gasperz, Vincent, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005

Hansen, Don R. dan Mowen, Maryanne M., Cost Management 4th edition, South Western College Publishing, Cincinnati-Ohio, 1994.

Heizer, J and Render, Operation Management (Manajemen Operasi) 7th Edition, Salemba Empat, Jakarta, 2005.

Ishikawa, Kaoru, What is Total Quality Control, The Japanese Way, Prentice-Hall, Inc., 1995.

Hatani, La. 2008. “Manajemen Pengendalian Mutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC).” Diunduh 10 februari 2013.

Mitra, Amitava, Fundamentals Of Quality Control and Improvement, Macmillan Publishing Company, New York, 1993.

Montgomery, Douglas C. (2009). Statistical Quality Control: A Modern Introduction 7th Edition. United States : John Wiley and Sons (Asia) Pte.Ltd.

Pardamean, Maruli, Paduan Lengkap Pengelolaan Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit, Penerbit PT Agro Mulia Pustaka, Jakarta, 2008. Diunduh pada 16 Maret 2013.

Rath & Strong, Six Sigma Advance Tools Pocket Guide, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.

Reksohadiprojo, Sukanto., Dasar-Dasar Manajemen, BPFE-UGM, Yogyakarta, 2000.
Published
2013-09-20