PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PENCARIAN LOKASI BENGKEL

  • Nurlita Caesariany Rahardjo Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 793 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1285 times
Keywords: bengkel, pencarian lokasi

Abstract

Seiring perkembangan zaman, mobilitas manusia semakin tinggi dari hari ke hari. Tuntutan mobilitas yang tinggi menyebabkan semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor. Dalam tuntutan ini, mungkin saja ditemui kendala-kendala yang dapat menghambat mobilitas tersebut. Misalnya, kondisi jalanan yang macet, maupun masalah pada kendaraan yang digunakan. Menyikapi kendala yang terakhir ini, bengkel merupakan salah satu alternatif untuk memperbaiki masalah-masalah yang mungkin terjadi pada kendaraan tersebut. Informasi tentang lokasi bengkel yang akurat menjadi sangat dibutuhkan. Dengan pengetahuan yang terbatas terhadap lingkungan sekitar, infomasi yang akurat ini cukup sulit didapat. Bertanya pada sesama pengguna jalan pun belum tentu membuahkan hasil yang maksimal.  Untuk mengatasi kesulitan informasi ini dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pencarian lokasi bengkel dengan informasi yang lengkap dan cukup akurat. Pembuatan sistem informasi geografis pencarian bengkel dapat menjadi salah satu alternatifnya. Dengan bantuan kategori-kategori yang disediakan, kegiatan pencarian bengkel akan menjadi lebih mudah dan terklasifikasi berdasarkan kategori yang diinginkan si pencari. Implementasi aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework Code Igniter, Google Maps API versi 3, serta database MySQL. Melalui evaluasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi telah dapat membantu kegiatan pencarian lokasi dan informasi bengkel dengan lebih mudah.  Aplikasi ini juga dapat menjadi salah satu sarana promosi bagi pemilik-pemilik bengkel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DetikSurabaya. 2012. Jumlah Kendaraan Bermotor Baru di Jatim Turun 0.08%. http://news.detik.com/surabaya/read/
2012/12/28/082432/2128462/466/jumlah-kendaraan-bermotor-baru-di-jatim-turun-008 : INTERNET, diakses pada 15 September 2013.

Dispendukcapil Surabaya. 2013. Dispendukcapil Surabaya. http://dispendukcapil.surabaya.go.id/ : INTERNET, diakses pada 15 September 2013. Ellislab. 2006. CodeIgniter User Guide Version 2.1.4. http://ellislab.com/codeigniter/user-guide/ : INTERNET, diakses pada tanggal 20 September 2013.

Elmasri, R. & Navathe, S.B. 2000. Fundamentals of Database System (3rd ed.). Addison-Wesley, USA. Google Maps. 2011.

Google Maps Javascript API V3. https://developers.google.com/maps/
documentation/javascript/tutorial : INTERNET, diakses pada 17 September 2013.

Hakim, L. 2008. Membongkar Trik Rahasia Para Master PHP. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Prahasta, E. 2005. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika, Bandung.
Published
2013-09-20