RELEVANSI KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ZHUGE LIANG (诸葛亮) DAN “FAMILLINESS” DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN STUDI KASUS DI UD X

  • David Susanto Tedjo Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep “Familliness” dengan SPM UD X dan menguji relevansi kepemimpinan dengan perspektif Zhuge Liang (诸葛亮) pada UD X yang merupakan perusahaan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi dan merupakan basic research. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan keluarga di surabaya yang bergerak di bidang produksi dan penjualan mainan anak-anak khususnya monopoli. Penelitian ini akan mencoba mengaplikasikan konsep ”Familliness” yang ditulis oleh Allison W. Pearson(2008) kepada salah satu perusahaan keluarga di surabaya yakni UD X. Selain itu penelitian ini akan menguji relevansi kepemimpinan pada karya sastra Samkok khususnya pemikiran Zhuge Liang (诸葛亮) dengan implementasi SPM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pada karya sastra samkok khususnya pemikiran  Zhuge Liang (诸葛亮) masih relevan dengan perusahaan keluarga modern saat ini meskipun teori tersebut telah ada sejak tahun 350. Konsep “Familliness” sangat berperan dalam kinerja operasional pada perusahaan keluarga khususnya UD X.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-03-01
How to Cite
TEDJO, David Susanto. RELEVANSI KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ZHUGE LIANG (诸葛亮) DAN “FAMILLINESS” DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN STUDI KASUS DI UD X. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 19, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/877>. Date accessed: 20 may 2019.