STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA CV. CAHAYA ANUGERAH ABADI DI PALU

  • Zhandy Febrianty Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengukuran kinerja dengan mengadopsi balanced scorecard yang dapat  digunakan di CAA sebagai pengukuran kinerja yang dapat menyelaraskan aktivitasnya pada visi, misi, dan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAA memiliki beberapa kelemahan dalam pengukuran kinerja yang selama ini digunakannya, yaitu pengukuran yang masih sederhana dan hanya berdasarkan dari pengetahuan semata yang diketahui oleh pemilik perusahaan sehingga menghambat pencapaian visi dan misi perusahaan. Dengan mengadopsi alat ukur balanced scorecard pada CAA menggunakan empat perspektif yaitu pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, pelanggan, dan keuangan. Sehingga tujuan dan strategi perusahaan yang telah dibuat dapat dengan mudah dipahami oleh perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chavan, Meena. 2009. The balanced scorecard: A New Challenge, Journal of Management Development, Vol. 28 Iss 5 pp. 393 – 406.

Gaspersz, Vincent. 2011. Sistem Manajemen Terintegrasi: Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta. Gramedia

Hansen, Don R dan Mowan, Maryanne M. 2007. Management Accounting, eighth edition. America. Thomson South-Western.

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton. 2004. Strategy Maps. United States of America. Harvard Business School.

Kiswara, Endang. 2006. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan: Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor.

Makhijani, N., dan J. Creelman. 2012. Menciptakan Balanced Scorecard untuk Organisasi Jasa Keuangan. Jakarta. Erlangga.

Niven, Paul R. 2007. Balanced Scorecard Diagnostics: Mempertahankan Kinerja Maksimal. Jakarta. Gramedia.

Mulyadi. 2007. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta. Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta. Gramedia.

Rompho, Nopadol. 2011. Why The Balanced Scorecard Fails in SMEs: A Case Study, International Journal of Business and Management, Vol. 6 No. 11 pp. 42. Thailand.

Russo, Joao. 2005. The Balanced Scorecard in SMEs: The Case of Plastic Industry in The Portuguese Central Region.

Tunggal, Amin Widjaja. 2005. Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard, Halaman 38 - 40. Jakarta. Harvarindo.
Published
2017-09-01
How to Cite
FEBRIANTY, Zhandy. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA CV. CAHAYA ANUGERAH ABADI DI PALU. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 90 - 103, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/901>. Date accessed: 17 july 2018.