PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP DESTINATION LOYALTY PADA KABUPATEN MALANG MENURUT WISATAWAN ASAL SURABAYA

  • Firdha Mutia Maharani Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh destination image terhadap destination loyalty pada Kabupaten Malang menurut wisatawan asal Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan asal Surabaya yang pernah mengunjungi dan menginap di Kabupaten Malang dua kali dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah Likert scale dengan memberikan penilaian dari satu sampai lima. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa destination image mempunyai pengaruh yang positif terhadap destination loyalty pada Kabupaten Malang menurut wisatawan asal Surabaya Artinya apabila wisatawan memiliki persepsi destination image semakin positif maka akan menyebabkan destination loyalty dari wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthonius Kurniawan, Studi Deskriptif Destination Image Yogyakarta Berdasarkan Persepsi First And repeat Visitors Wisatawan asal Surabaya, Universitas Surabaya

Arvina Janedea, Studi Deskriptif Destination Image Jakarta Berdasarkan Persepsi Wisatawan asal Surabaya, Universitas Surabaya

Artuger, Cetinsoz, dan Kilic, “The Effect of Destination Image on Destination Loyalty: An Application In Alanya”., European Journal of Business and Management Vol. 5, No.13, 2013

Bozbay PhD, Ozen, 2008, “The Assessment of Greece’s Image as a Tourism Destination”, p.47-60

Hair Jr, Bush, Ortinau, 2002, Marketing Research “Within a Changing Information Environment”, McGraw-Hill/Irwin, 2 Edition, p.361

Kanjuruhan, “Media Informasi Pemerintah Kabupaten Malang”, edisi Januari-Maret 2013

Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, 2013, “Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Tahun 2012 Dalam Angka”, p.55

Nanda Kurnia Aditya, Studi Deskriptif Destination Image Kota Batu terhadap Wisatawan Domestik di Jawa Timur, Universitas Surabaya

Soekadijo, R.G., 1996, Anatomi Pariwisata “Memahami Pariwisata sebagai systemic linkage”, Gramedia Pustaka Utama.

Sujianto, A.E., 2007, Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula, Prestasi Pustaka

Suwantoro, G., 1997, Dasar-dasar Pariwisata, ANDI Yogyakarta.

http://www.indonesia.go.id/in/potensi-daerah/pariwisata, diunduh pada 8 februari 2014

http://berita.plasa.msn.com /bisnis/ okezone/ peringkat-industri-pariwisata-indonesia-naik-4-peringkat,diunduh pada 27 februari 2014

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/13/09/02/mshwaa-jawa-timur-paling-diminati-wisatawan-nusantara, diunduh pada 12 Maret 2014

http://www.indonesia.travel/id/discover-indonesia/region-detail/34/jawa-timur, diunduh pada 12 Maret

http://www.malangkab.go.id/potensi-daerah-01-39.html, diunduh pada 13 Maret 2014

http://www.memoarema.com/31343/bangun-infrastruktur-wisata.html , diunduh pada 15 Maret
Published
2017-09-01
How to Cite
MAHARANI, Firdha Mutia. PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP DESTINATION LOYALTY PADA KABUPATEN MALANG MENURUT WISATAWAN ASAL SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 630 – 640, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/946>. Date accessed: 26 sep. 2018.