PERAN E-SATISFACTION DAN E-TRUST PADA PENGEMBANGAN E-LOYALTY PEMBELIAN ONLINE OLEH PEREMPUAN DI SURABAYA

  • Gunawan Wibisana Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Jumlah pelanggan perempuan yang berbelanja di online shop yang menjual pakaian mengalami peningkatan, memahami bagaimana e-loyalty pelanggan perempuan terbentuk, dan dipertahankan oleh online shop menjadi sangat penting. Namun, penelitian lain telah dilakukan pada masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk fokus pada pembelian pakaian online perempuan, dan bertujuan untuk menguji mediator dari e-loyalty dalam konteks online shop yang menjual pakaian: e-satifaction, dan e-trust. Penelitian ini menggunakan sampel pembeli pakaian online perempuan di Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 316 responden perempuan yang pernah melakukan pembelian pakaian minimal 2 (dua) kali dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pemodelan persamaan struktural yang dilakukan untuk menganalisis pengukuran, dan model struktural. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa delivery efficiency berhubungan negatif terhadap e-satisfaction. Sedangkan website design berhubungan positif terhadap e-satisfaction, namun website design tidak berhubungan positif terhadap e-trust. Sedangkan e-Satisfaction, dan e-trust memiliki hubungan yang positif terhadap e-loyalty bagi pembelian pakaian online oleh perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Rolph E., Srini S. Srinivasan 2003, E-Satisfaction and E- loyalty: A contingency Framework, Wiley Periodicals.

Aziz, Noor Hidayah Ab, dkk, 2015, Security, Risk, and Trust Issues among Muslim Users for Online Businesses, Procedia Economics and Finance, 587-594.

Buhmann, Alexander, 2015, Measuring Country Image, Springer VS, Germany

Chellapa, Ramnaath K., Pavlou, 2002, Perceived Information Security, Liability and Consumer Trust in Electronick Commerce Transaction, Logistics Information Management, Vol 15: 358- 368.

Chou, Shihyu, Chi-Wen Chen, Jiun-You Lin, 2015, Female Online Shoppers, Internet Research, Vol. 25: 4: 542-561.

Corritore, Cynthia L., (2003), On-line trust: concepts, evolving themes, a model, international journal of Human-Computer Studies, USA.

Duin, J.H.R. van, de Goffau, dkk, 2016, Improving home delivery efficiency by using principles of address intelligence for B2C deliveries, Transportation Research Procedia, Vol 12: 14-25.

Efthymios Constantinides, 2004, Influencing the online consumer's behavior: the Web experience, Internet Research, Vol. 14: 2: 111-126.

Fraunholz, Alicia Ladson Bardo, 2005, Facilitating online privacy on e- Commerce websites: an Australian experience, Journal of Information, Communication and Ethics in Society, Vol. 3: 2: 59-68.

Hair, Joseph F., dkk, 2010, Multivariate Data Analysis Seventh Edition, Pearson Prentice Hall.

Howard, John D., 1997, An Analysis of Security Incidents On The Internet 1989 – 1995, Carnegie Mellon University.

Moss, Gloria, 2012, Lessons on Profiting From Diversity, Palgrave Macmillan, UK.

Khosrow, Mehdi, 2008, Web Technologies for Commerce and Service Online, Information Science Reference, United State of America.

Liao, Tze-Hsien, dan Ching-Jui Keng, 2013, Online shopping delivery delay: Finding a psychological recovery strategy by online consumer experiences, Human Behavior, Vol. 29: 1849- 1861.

L, Hoffman, 1980, Computers and Privacy in the Next Decade, Academic Press, New York.

M Y., Daniel Sharonis, 2009, Pembuatan Situs Web Pembelajaran Universitas Surabaya

May O. Lwin Jochen Wirtz Andrea J. S. Stanaland, 2016, The privacy dyad, Internet Research, Vol. 26: 4: 919 – 941,

Mindali, Orit Rotem, dan Ilan Salomon, 2007, The impacts of e retail on the choice of shopping trips and delivery: some preliminary findings, Transportation Research Part A: Policy and Practice, Vol. 41: 176-189.
Published
2017-09-01
How to Cite
WIBISANA, Gunawan. PERAN E-SATISFACTION DAN E-TRUST PADA PENGEMBANGAN E-LOYALTY PEMBELIAN ONLINE OLEH PEREMPUAN DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 843 – 857, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/961>. Date accessed: 18 oct. 2018.