PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG PRODUK JADI PADA PT. BIOLI LESTARI SURABAYA

  • William William Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 601 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3272 times
Keywords: Gudang, Manajemen Gudang, Tata Letak, Activity Relationship Chart, Klasifikasi ABC

Abstract

Manajemen gudang merupakan salah satu teknik yang paling penting dalam manajemen logistik karena faktanya persediaan langsung mempengaruhi biaya-biaya produksi dan layanan pelanggan. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan distribusi, salah satunya ialah melakukan perbaikan sistem penyimpanan barang-barang dalam gudang. Perbaikan sistem penyimpanan dalam gudang dilakukan dengan merencanakan tata letak pergudangan secara optimal. Perancangan tata letak gudang yang baru dilakukan agar pemanfaatan ruangan lebih teroptimalkan dan penataan produk-produk dalam gudang menjadi lebih rapi serta tersusun dengan baik dalam mendukung kinerja perusahaan. Untuk merancang tata letak dan fasilitas gudang yang baru pada gudang yang telah lama digunakan, maka dasar yang dipergunakan ialah gabungan dari metode Activity Relationship Chart (ARC) dan analisis kinerja produk berupa klasifikasi ABC. Hasilnya, diperoleh usulan rancangan tata letak gudang baru yang lebih efektif untuk perusahaan yang di observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apple, James, 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Bandung: ITB.

E. Cakman, S. N. Gunay, G. Aybakan, and M. Tanyas, 2012, Determining the Size and Design of Flow Type and U-type Warehouses, Procedia – Social & Behavioral Sciences, vol. 58, pp. 1425-1433, 2012.

Erna Mulyati, Ricca Rachmi, 2011, Redesain Layout Untuk Meningkatkan Efisiensi Ruangan Gudang Tertutup, Bandung: Sari Asih.

Hadiguna, Rika Ampuh dan Heri Setiawan, 2008, Tata Letak Pabrik, Jogjakarta: Andi.

Hari Purnomo, 2004, Perencanaan dan Perancangan Fasilitas, Jogjakarta: Graha Ilmu.

J. Gu, M. Goetschalckx, and L. F. McGinnis, Research on Warehouse Operation: a Comprehensive Review, European Journal of Operational Research, vol. 117, pp. 1-21, 2007.

J. J. Barthodi , and S. T. Hanckman, 2007, Warehouse & Distribution Science, Release 0.85, Online. Available: http:/www.warehouse-science.com

Korrakot Y. Tippayawong, Apichat Sopadang, and Patchanee Patitad, Improving Warehouse Layout Design of a Chicken Slaughterhouse using Combined ABC Class Based and Optimized Allocation Techniques, Proceedings of the World Congress on Engineering, Vol. 1, 2013.

Moore, Franklin G. dan Thomas E. Hendrick, 1989, Manajemen Operasi dan Produksi, Bandung: Remadja Karya.

Wignjosoebroto, Sritomo, 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Jogjakarta: UGM.

http://sparkling.surabaya.go.id/about-surabaya/the-history-of-surabaya/

http://jatim.bps.go.id/4dm!n/pdf_publikasi/Produk-Domestik-Regional-Bruto-Jawa-Timur-Menurut-Lapangan-Usaha-2011---2015--.pdf

http://jatim.bps.go.id/4dm!n/pdf_publikasi/Produk-Domestik-Regional-Bruto-Kabupaten-Kota-Menurut-Lapangan-Usaha-2010-2014.pdf
Published
2017-09-01