PENGARUH e-WOM TERHADAP INTENTION WISATA DI RAJA AMPAT PAPUA (THEORY OF PLANNED BEHAVIOR)

  • Virginia Winarta Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap intention wisata di Raja Ampat Papua dengan menggunakan pendekatan theory of planned behaviour. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Data diolah menggunakan uji SEM. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara e-WOM terhadap intention wisata di Raja Ampat Papua menggunakan pendekatan theory of planned behaviour.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I, 1991, The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. Vol. 50: 179-211

Chunling, Yu, dan Tang Xu, 2010. The construct and Influence of word of mouth:- Receiver Perspectives. School of Economics and Management, Tsinghua University, Beijing.

Dewi, N.P.R.A. dan Ardani, I.G.A.K.S., Pengaruh Sikap, Norma Subjektif terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online di Kota Denpasar, E-jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 1, 2016

Fan,Y.W. et al, Establishing the Adoption of Electronic Word of Mouth through Consumers’ Perceived Credibility, International Business Research, Vol. 6 No. 3, 2013

Ho, Cheng-Hsun, 2010, Effects of Brand Image, Online Word of Mouth, and Price Discount on Consumer’s Purchase Intention Mobile Phone as the Example, Department of Business Administration, National Taipei University, Taiwan.

Imelda, S., Rofi’i, dan Huwaida, H., Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif terhadap Minat Konsumen (Studi pada Pengguna Refill Tinta Printer Dataprint di Banjarmasin, Smart – Study and Management Research, Vol. 11 No. 2, 2014

Jalilvand, M.R. dan Samiei, N., The Impact of Electronic Word of Mouth on a Tourism Destination Choice, Emerald Internet Research, Vol. 22 No. 5, 2012

Kartika, C. dan Piranti, D., Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Twitter @batikair terhadap Brand Image, Jurnal Visi Komunikasi Vol. 14 No. 1, 2015

Munandar, Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah pada Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe, Jurnal Visioner dan Strategis, Vol. 3 No. 2, 2014

Permadi, P.C., Kumadji, S., dan Kusumawati, A., Pengaruh Citra Merek terhadap Word of Mouth dan Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Dapoer Mie Galau Jalan Selorejo 83 Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 10 No. 1, 2014

Pradipta, I.G.S. dan Suprapti, N.W.S., Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Niat Calon Pemilih di Kota Denpasar untuk Memilih Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014, Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 7 No. 1, 2013

Semuel, H. dan Lianto, A.S., Analisis EWOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8 No. 2, 2014
Published
2017-09-01
How to Cite
WINARTA, Virginia. PENGARUH e-WOM TERHADAP INTENTION WISATA DI RAJA AMPAT PAPUA (THEORY OF PLANNED BEHAVIOR). CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 982 – 1000, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/970>. Date accessed: 15 dec. 2018.