PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PEMAHAMAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA

  • Cindy Laurent Tjandrawinata Universitas Surabaya
  • Eko Pudjolaksono Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh profesionalisme auditor terhadap pemahaman tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya. Profesionalisme auditor yang dimaksud adalah prinsip perilaku profesional dari American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), yaitu tanggung jawab, kepentingan umum, integritas, obyektifitas dan kemandirian, kehati-hatian, serta ruang lingkup dan sifat jasa. Obyek penelitian adalah auditor di Surabaya, yang KAP tempat auditor tersebut bekerja haruslah terdaftar di Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam dan LK). Penelitian ini memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner dan kemudian menggunakan skala pengukuran likert untuk memperoleh bobot dari jawaban responden. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa signifikansi dari variabel ruang lingkup dan sifat jasa, dalam uji t, lebih kecil dari derajat signifikansi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa di antara 6 prinsip perilaku profesional menurut AICPA, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan adalah ruang lingkup dan sifat jasa. Sehingga, saat ruang lingkup dan sifat jasa meningkat maka pemahaman akan tingkat materialitas juga meningkat.

Published
2013-03-01
How to Cite
TJANDRAWINATA, Cindy Laurent; PUDJOLAKSONO, Eko. PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PEMAHAMAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 20, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/98>. Date accessed: 23 july 2017.