Kajian Terhadap Kecenderungan Aspek Visual Dalam Perancangan Produk Mode Berbasis Tenun Gedhog Khas Tuban

  • Hany Mustikasari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132
  • Achmad Haldani Destiarmand Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132
  • Agus Sachari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132

Abstract

Abstract- Indonesia has a lot of cultural diversity which able to support the sustainability of the Creative Industries. Among them is gedhog woven, a traditional weaving cloth. Compared to other types of weaving such as ikat or songket, gedhog woven still lack in popularity in the consumer market. However, gedhog woven has the opportunity of further development into a weaving-based product in the fashion industry to aim high recognization in society. Consumer interests and perceptions of weaving-based products are analyzed through qualitative  method in order to understand the consumer market. Experiment also conducted to obtain the final form of fashion products made from gedhog woven material. Product diversification refers to visual aspects in design such as shape, color, size, and proportion. Analysis of tendencies towards fashion product from woven materials obtained through this research. This can be utilized both for the foundation of further research as well as improving the quality and value of selling products in the consumer market.
Keywords: visual aspect, fashion, gedhog woven


Abstrak- Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya yang dapat mendukung keberlangsungan Dari Industri Kreatif. Salah satunya adalah wastra nusantara berupa tenun gedhog. Dibandingkan dengan jenis tenun yang lain seperti ikat atau songket, tenun gedhog masih kurang popularitasnya di dalam pasar konsumen. Meski demikian, tenun gedhog tetap memiliki peluang pengembangan lebih lanjut menjadi sebuah produk dalam industri mode supaya makin dikenal oleh masyarakat. Minat dan persepsi konsumen terhadap produk berbasis tenun dianalisis melalui metodologi kualitatif dalam rangka memahami keinginan pasar. Selain itu, dilakukan pula eksperimen untuk memperoleh bentuk akhir produk mode yang terbuat dari material tenun gedhog. Diversifikasi produk mengacu kepada aspek visual dalam desain seperti bentuk, warna, ukuran, dan proporsi. Melalui penelitian ini diperoleh analisis dari kecenderungan masyarakat terhadap pemilihan produk mode yang terbuat dari material tenun. Hal ini dapat dimanfaatkan baik bagi landasan penelitian selanjutnya maupun bagi peningkatan kualitas dan nilai jual produk dalam pasar konsumen.
Kata kunci: aspek visual, mode, tenun gedhog

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hany Mustikasari, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132

Hany Mustikasari adalah seorang lulusan desain komunikasi visual yang memiliki ketertarikan terhadap bidang mode. Mulai aktif mengajar desain produk pada tahun 2007 di Surabaya, kemudian lebih spesifik mempelajari dan menekuni bidang mode serta produk lifestyle sejak tahun 2012. Penulisan ini merupakan kolaborasi dari dua bidang ilmu yang telah dipelajarinya, yakni komunikasi visual dan mode.

Achmad Haldani Destiarmand, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132

Bapak Achmad Haldani merupakan seorang pendidik di Institut Teknologi Bandung dengan Kelompok Keahlian di bidang Kriya dan Tradisi. Beliau telah aktif mengajar di ITB sejak tahun 1989 hingga saat ini. Berbagai kegiatan penelitian dan karya publikasi yang beliau lakukan telah memberikan banyak sumbangsih bagi ilmu pengetahuan terkait pengembangan desain dan kriya. Salah satunya adalah ragam hias nusantara.

Agus Sachari, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, Jl Ganesha 10, Bandung-Indonesia 40132

Bapak Agus Sachari merupakan salah seorang pendidik di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Beliau telah melakukan berbagai penelitian dan publikasi terkait ilmu desain serta budaya visual. Terdapat pula karya penulisan berupa buku-buku yang acap menjadi sumber pustaka bagi peneliti lain. Kontribusi dari Bapak Agus Sachari tidak terbatas pada jenis produk industri saja namun juga mencakup lingkup produk mode dan produk budaya.

References

Achjadi, Judi Knight & Natanegara, E. A., 2010, Tenun gedhog: The Handloomed Fabrics of Tuban, East Java. Jakarta: Media Indonesia Publishing.

Ciptandi, Fajar, 2018, Transformasi Desain Struktur Tenun Gedog Dan Ragam Hias Batik Tradisional Khas Tuban Melalui Eksperimen Karakteristik Visual, Disertasi Doktoral Institut Teknologi Bandung.

Emir, Threes & Wattimena, Samuel, 201, tenun Gedhog Tuban, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gaimster, Julia, 2011, Visual Research Methods in Fashion, London: Bloomsbury.

Jones, Sue Jenkyn, 2011, Fashion Design, London: Laurence King Publishing Ltd.

Nugraha, Adhi, 2012, Transforming Tradition: A Method for Maintaining Tradition in a Craft and Design Context, Helsinki: Unigrafia.

Posner, Harriet, 2011, Marketing fashion, London: Laurence King Publishing Ltd.

Sunaryo, M. Pd. Seni, Drs. Aryo, 2009, Ornamen Nusantara, Kajian Khusus Tentang Ornamen Indonesia, Semarang: Dahara Prize.
Published
2020-08-31
How to Cite
MUSTIKASARI, Hany; DESTIARMAND, Achmad Haldani; SACHARI, Agus. Kajian Terhadap Kecenderungan Aspek Visual Dalam Perancangan Produk Mode Berbasis Tenun Gedhog Khas Tuban. KELUWIH: Jurnal Sains dan Teknologi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 110-118, aug. 2020. ISSN 2721-2432. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/saintek/article/view/2922>. Date accessed: 28 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24123/saintek.v1i2.2922.