AUTHOR GUIDELINES


Judul ditulis dengan jelas, spesifik dan efektif                    

Rata kiri Calibri Bold (20 cpi), tidak lebih 12 kata dalam bahasa Indonesia dan 10 kata bahasa Inggris

Author 1*, Author 2,   (Rata kiri Calibri  12 cpi)

1 Jurusan, fakultas, institusi, kota-negara (10 cpi)

2 Jurusan, fakultas, institusi,  kota-negara (10 cpi)

* corresponding author:  author1@....... (10 cpi)

 

AbstractThe abstract is a single paragraph written in Indonesian and English. The abstract includes an introduction, research methods, results and discussion, and ends with a comment about the importance of the results or a brief conclusion. The abstract must describe the research carried out explicitly with clear and clear sentences. Abstracts and articles are written in English and Indonesia according to general Indonesian spelling guidelines (PUEBI). Maximum abstract length of 200 words, 8 cpi Calibri and 1 space.

Keywords: (in italics, alfabetic) 3-5 words

 

Abstrak—Abstrak merupakan paragraf tunggal yang dituliskan dengan bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Abstrak harus menggambarkan penelitian yang dilakukan secara eksplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas. Abstrak dan artikel ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).  Panjang abstrak maksimal 200 kata, Calibri 8 cpi dan 1 spasi.

Kata kunci: (dicetak miring, ditulis secara alfabetis) 3-5 kata

 

PENDAHULUAN

         Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kajian teori dan diakhiri dengan hipotesis. Jumlah halaman pendahuluan maksimal dua halaman atau 20% dari 12 halaman naskah (jumlah halaman maksimal setiap judul artikel). Latar belakang masalah merupakan fenomena yang melatarbelakangi atau urgensi untuk dilakukan suatu penelitian. Penulisan permasalahan dan tujuan penelitian ditulis secara naratif yang disertai kajian teori atau penelitian terdahulu yang mendukung penelitian ini (state of the art). Kajian teori atau penelitian sebelumnya merupakan paparan dinamika perkembangan bidang ilmu yang diteliti yang didukung oleh argumentasi teori yang bersumber dari informasi primer dan mutakhir, sehingga paparan menunjukkan kebaruan (novelty) penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya.  

         Penulisan sumber informasi kajian teori dalam teks harus jelas dengan menulis nama penulis dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh adalah: hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu mengenali permasalahan otentik (Syahputra, 2009). Format sitasi menggunakan model Harvard. Apabila sitasi merupakan kutipan langsung, maka perlu juga mencantumkan halaman yang disitasi langsung. Indikator halaman bila sumber referensi berbahasa asing menggunakan lambang (p.)  atau (pp.) jika lebih dari satu halaman. Apabila sumber referensi berbahasa Indonesia, indikator halaman menggunakan singkatan hlm.

 

Contoh sitasi teks pada model Harvard:

Alat penyimpan yang baik harus mampu mengatur suhunya.... (Dadhich, Dadhich, & Verma 2008).

Petchu dan Badea (2010) pernah meneliti performansi alat pengumpul surya....

 

METODE

                 Unsur-unsur dalam metode penelitian adalah identifikasi variabel, subjek penelitian, instrumen penelitian dan metode penelitian, serta teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data penelitian. Metode penelitian merupakan paparan proses penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sehingga mendorong dan memberi peluang peneliti lain untuk melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap penelitian di masa yang akan datang. Jumlah halaman maksimal dua halaman atau 20% dari jumlah total halaman naskah dan hindari penggunaan definisi-definisi teori yang dikutip dari buku dalam paparan di bagian metode penelitian.

HASIL

                  Hasil penelitian menyajikan temuan penelitian yang berupa statistik deskriptif, uji asumsi dan uji hipotesisi yang dianalisa dengan kritis dan ilmiah. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel atau gambar dan sebaiknya lebih mengutamakan paparan dalam bentuk teks. Jumlah  halaman hasil penelitian  maksimal  dua halaman atau 20% dari jumlah total halaman naskah.

 

Tabel dan Gambar

                Semua tabel dan gambar yang dituliskan dalam naskah harus disesuaikan dengan urutan 1 kolom atau ukuran penuh satu kertas, agar memudahkan reviewer untuk mencermati makna gambar.

A.Contoh Tabel

Tabel 1

Penilaian Tentang Kebutuhan Responden Sebagai Peserta BPJS Mandiri Huruf Kapital Pada Setiap Awal Kata, miring, font 11 cpi)

B. Contoh Gambar

 

Sebaiknya menggunakan fitur insert text box untuk menampung gambar, karena relatif stabil dan tidak terganggu oleh perubahan format.

 

BAHASAN

               Hasil penelitian dianalisis dengan kritis yang dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya dan sumber informasi primer mutakhir. Diskusi memaparkan secara substansial hasil analisis dan perbandingan dengan temuan-temuan sebelumnya berdasarkan hasil kajian pustaka yang relevan, mutakhir dan primer. Perbandingan yang cenderung mengarah pada perbedaan dengan hasil penelitian sebelumnya, berpotensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jumlah halaman maksimal empat sampai lima halaman dari jumlah total halaman naskah yang berjumlah 12 halaman.

 

SIMPULAN

              Kesimpulan harus memaparkan dengan jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan adalah jawaban dari tujuan penelitian dan bukan rangkuman hasil penelitian. Kesimpulan dipaparkan secara ringkas, jelas dan padat yang berdasarkan pada hasil dan diskusi. Kesimpulan ditulis dalam bentuk alinea (bukan numerik), berisi temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jumlah halaman maksimal satu halaman dari 12 halaman.

 

PUSTAKA ACUAN

               Pustaka acuan adalah daftar acuan atau referensi yang memuat sumber informasi yang digunakan atau diacu dalam artikel. Setiap sumber yang dikutip pada badan teks harus tercantum pada pustaka acuan. Demikian pula sebaliknya, yang tertulis di pustaka acuan adalah sumber-sumber bacaan yang dipakai pada badan teks. Oleh karena itu penulisan kutipan dan pustaka acuan wajib menggunakan aplikasi References Manager atau Citation Management Tools ”Mendeley References Manager” yang dapat diunduh di www.mendeley.com; atau menggunakan aplikasi references manager lainnya. Gaya penulisan pustaka acuan menggunakan model Harvard.

 

Contoh penulisan sitasi dan pustaka acuan menggunakan model Harvard

 

BIBLIOGRAFI

Gunakan istilah Bibilografi (bukan Pustaka Acuan) jika referensi hanya sebagai sumber bacaan dan tidak dikutip dalam badan teks.

Salah satu panduan lengkap penulisan kutipan dan pustaka acuan yang dapat digunakan adalah panduan yang disediakan Monash University pada https://guides.lib.monash.edu/citing-referencing/home

 

 

Tingkatan Sirahan (Header) Sub-judul

SIRAHAN TINGKAT 1 (Huruf Kapital semua, tebal, rata kiri)

Sirahan Tingkat 2 (Huruf kapital hanya di awal setiap kata, tebal, rata kiri)

Sirahan tingkat 3 (Huruf kapital hanya di awal sub-judul, tebal, rata kiri)

Sirahan tingkat 4 (Huruf kapital hanya di awal sub-judul, tebal, menjorok ke dalam menyatu dengan alinea, diakhiri tanda titik).

                Sirahan tingkat 5 (Huruf kapital hanya di awal sub-judul, miring, menjorok ke dalam menyatu dengan alinea, diakhiri tanda titik).

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------