PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN TRANSAKSI KEUANGAN SEKOLAH MULTI JENJANG AL AZHAR KELAPA GADING SURABAYA BERBASIS FINGERPRINT

  • Abdul Rozzaq Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 125 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 655 times
Keywords: sekolah multi jenjang, sistem informasi, fingerprint, pembayaran

Abstract

Sistem transaksi pembayaran yang dilakukan siswa pada Sekolah Al Azhar Kelapa Gading Surabaya masih dilakukan secara tunai. Pembayaran dengan uang tunai ini memiliki banyak masalah, salah satunya ialah proses pembayaran yang lambat. Ada juga masalah keamanan yang tidak terjamin misalnya seperti hilangnya uang dan pencurian. Sistem tersebut terkadang dapat merugikan siswa yang harus berhati-hati dengan membawa uang tunai. Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan siswa tidak diketahui oleh orang tua. Dengan adanya kekurangan sistem tersebut, maka perlu dikembangkan sistem pembayaran. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menjadi sarana komunikasi bagi orang tua untuk mengetahui aktifitas anaknya dengan penerapan pada sidik jari siswa yang sudah terbukti aman dan sedikit celah untuk dibajak yang berfungsi sebagai sistem pembayaran dengan spesifikasi dapat membaca / merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual, sistem pembayaran dengan metode pencocokan sidik jari (fingerprint) memiliki ketepatan dalam mengenali siswa, dan proses input lebih akurat mencari data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Digital Persona. Strong Authentication Solutions for Security-Minded Organizations. Diperoleh 16 Maret 2014, dari http://www.digitalpersona.com/
Authentication-Solutions/Strong-Authentication-Solutions-for-Security-Minded-Organizations/

Guard Systems. (2013, 27 Maret). Fingerprint Recognition: A New Dimension of Security. Diperoleh 10 Juni 2014, dari http://www.guardwaresystems.
com/fingerprint-recognition-a-newdimension-of-security/

Jogiyanto, H.M. 2002. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset, Yogyakarta.

Sidik, Betha. 2013, JavaScript. Bandung : Informatika.
Published
2015-03-01