HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN FLOW AKADEMIK
Abstract
Motivasi berprestasi merupakan motif yang mengarahkan perilaku individu pada tujuan yang diinginkan (Dias & Zulkaida, 2008). Flow akademik merupakan suatu keadaan individu yang dapat fokus, menikmati serta ada dorongan dari dalam dirinya untuk mengerjakan tugas akademik (Yuwanto, 2011). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik melalui Temporal Motivation Theory (TMT). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah PAU Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sebanyak 128 orang. Data yang diperoleh menggunakan skala Achievement Motivation (AMI), The FLow Inventory for Student (LIS) dan Steel Procrastination Scale (SPS). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara motivasi berprestasi dan flow akademik (r = .416, p = .000). Namun TMT tidak dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan motivasi berprestasi dan flow akademik. Hal ini disebabkan karena masih terdapat korelasi yang memadai antara motivasi berprestasi dan flow akademik dengan mengontrol aspek-aspek TMT.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.