HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN HARGA DENGAN LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA PRODUK THE BODY SHOP SURABAYA

  • Winarti Dewi Handayani Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Kualitas produk yang terjaga dan harga yang ditawarkan sesuai dengan harapan konsumen akan membuat konsumen merasa puas dan menerima suatu produk bahkan menjadi loyal terhadap produk. Pelanggan yang setia atau loyal terhadap satu  merek akan  memberikan banyak keuntungan dan efisiensi untuk perusahaan. sebuah perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dari 25% sampai 85% yakni dengan cara mengurangi 5% kehilangan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel, (a) kualitas produk dengan loyalitas merek merek pada pengguna produk The Body Shop Surabaya dan (b) harga dengan loyalitas merek merek pada pengguna produk The Body Shop Surabaya.  Populasi penelitian ini adalah konsumen produk The Body Shop dengan rentang usia 18-32 tahun yang berdomisili di Surabaya sebanyak 300 subyek. Teknik penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling.  Hasil penelitian menunjukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima yang berarti, (a) ada hubungan yang signifikan antara kualitas produk dengan loyalitas merek The Body Shop yang ada di wilayah Surabaya sebesar r= 0.518 : sig (0.000 < 0.005), (b) ada hubungan yang signifikan antara harga dengan loyalitas merek pada pengguna produk The Body Shop yang ada di wilayah Surabaya sebesar r= 0.225 : sig (0.000 < 0.005). Berdasarkan hasil penelitian korelasi terendah pada variabel kualitas produk ( aspek durrability r= 0.231), disarankan agar pihak The Body Shop lebih memperhatikan daya tahan produk.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A. 1996. Building Strong Brands. New York: The Free Press

Dita Amanah. (2009). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Keuangan dan Bisnis Vol.2 No.1. Universitas Negri Medan.

Garvin, DA. (2009). Managing Quality : The Strategic and Competitive Edge. New York: Free Press

Hawkins, D. I et al. (2007). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: Mc-Graw Hill

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Edisi Milenium, International Edition. New Jersey: Prentice Hall-Inc

Kotler, P & Armstrong, G. (2004). Principle of Marketing. Tenth Edition. New Jersey: Prentice Hall-Inc

Mowen, John C. (1995). Consumer Behavior: 4th edition. Londin: Prentice Hall- International, Inc

Milka. (2011). Skripsi Pengaruh Motivasi Pembelian Rasional, Pengaruh Motivasi Pembelian Emosional dan Harga diri terhadap Loyalitas Merek Handphone pada Remaja. Universitas Gunadarma.

Putri, Nuria A. (2008). Hubungan antara Harga dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan Blackerry Telkomsel. Calyptra Vol.2 No.1. Universitas Surabaya.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pus.Utama

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi pada strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Stanton, William J., 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Ketujuh. Jakarta : Erlangga

Swastha, B & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran:Analisa PerilakuKonsumen. Yogyakarta : Liberty

Tjiptono , Fandy., (2008). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: ANDI
Published
2016-03-01
How to Cite
HANDAYANI, Winarti Dewi. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN HARGA DENGAN LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA PRODUK THE BODY SHOP SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 20, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2688>. Date accessed: 06 july 2020.