HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN HARGA DENGAN LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA PRODUK THE BODY SHOP SURABAYA
Abstract
Kualitas produk yang terjaga dan harga yang ditawarkan sesuai dengan harapan konsumen akan membuat konsumen merasa puas dan menerima suatu produk bahkan menjadi loyal terhadap produk. Pelanggan yang setia atau loyal terhadap satu merek akan memberikan banyak keuntungan dan efisiensi untuk perusahaan. sebuah perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dari 25% sampai 85% yakni dengan cara mengurangi 5% kehilangan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel, (a) kualitas produk dengan loyalitas merek merek pada pengguna produk The Body Shop Surabaya dan (b) harga dengan loyalitas merek merek pada pengguna produk The Body Shop Surabaya. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk The Body Shop dengan rentang usia 18-32 tahun yang berdomisili di Surabaya sebanyak 300 subyek. Teknik penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis dalam penelitian ini diterima yang berarti, (a) ada hubungan yang signifikan antara kualitas produk dengan loyalitas merek The Body Shop yang ada di wilayah Surabaya sebesar r= 0.518 : sig (0.000 < 0.005), (b) ada hubungan yang signifikan antara harga dengan loyalitas merek pada pengguna produk The Body Shop yang ada di wilayah Surabaya sebesar r= 0.225 : sig (0.000 < 0.005). Berdasarkan hasil penelitian korelasi terendah pada variabel kualitas produk ( aspek durrability r= 0.231), disarankan agar pihak The Body Shop lebih memperhatikan daya tahan produk.
Downloads
References
Dita Amanah. (2009). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Keuangan dan Bisnis Vol.2 No.1. Universitas Negri Medan.
Garvin, DA. (2009). Managing Quality : The Strategic and Competitive Edge. New York: Free Press
Hawkins, D. I et al. (2007). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: Mc-Graw Hill
Kotler, Philip. (2000). Marketing Management: Edisi Milenium, International Edition. New Jersey: Prentice Hall-Inc
Kotler, P & Armstrong, G. (2004). Principle of Marketing. Tenth Edition. New Jersey: Prentice Hall-Inc
Mowen, John C. (1995). Consumer Behavior: 4th edition. Londin: Prentice Hall- International, Inc
Milka. (2011). Skripsi Pengaruh Motivasi Pembelian Rasional, Pengaruh Motivasi Pembelian Emosional dan Harga diri terhadap Loyalitas Merek Handphone pada Remaja. Universitas Gunadarma.
Putri, Nuria A. (2008). Hubungan antara Harga dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan Blackerry Telkomsel. Calyptra Vol.2 No.1. Universitas Surabaya.
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pus.Utama
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi pada strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Stanton, William J., 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Ketujuh. Jakarta : Erlangga
Swastha, B & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran:Analisa PerilakuKonsumen. Yogyakarta : Liberty
Tjiptono , Fandy., (2008). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: ANDI
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.