ANALISIS PERILAKU BELANJA DI MALL BERDASARKAN FAKTOR USIA DAN GENDER DI TUNJUNGAN PLAZA DAN GALAXY MALL
Abstract
Perkembangan pesat ritel telah menyebabkan ekspansi di Surabaya. Penelitian ini diarahkan untuk memahami perilaku belanja konsumen. Mal membawa manfaat fungsional dan pengalaman untuk mereka dan mempengaruhi perilaku belanja mereka. Uji ANOVA digunakan untuk analisis dengan menyebar 100 kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa jenis kelamin dan usia konsumen memainkan peranan penting dalam menentukan sikap konsumen terhadap perilaku berbelanja di mal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan gender pada dimensi social, escape, dan exploration. Dimana dimensi social adalah kemampuan pegawai mall untuk lebih bersifat responsif dan bersahabat. Escape, menganggap mall sebagai tempat untuk menghindari kebosanan, sendiri, stress, cuaca buruk, kemacetan, dan aktifitas sehari-hari. Dimensi exploration, adalah mall dianggap sebagai tempat untuk menemukan hal-hal baru, mencari pengalaman, terdapat produk yang menarik dan mencoba produk yang dijual.
Downloads
References
Arpita, K., Mall Shopping Behavior Of Indian Small Town Consumers.. Journal of retailing and consumer services 18 (2011) 110-118.
Byurnina, D., dan Khodadad, S.S,. The Influence Of Eco-Labeled On Consumer Buying Behavior. International Business Management 5 januari 2011.
Cornelius, T., step by step SPSS 20 Analisis Data Statistik, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Felicia, A., The Analysis The Store Atmosphere’s Influence Towards Emotions, shopping Behavior and Approach Behavior. Focus Ekonomi (FE), Agustus 2011, Hal 125-139.
Noel, M., dan Edward, M., The Seven PS of Marketing and Choice of Main Grocery Store In a Hyperinflationary Economy. Contemporary Marketing Review Vol.1(9) pp 01-18, November, 2011
Richard, M., dan Jean, C.C., Cross Cultural Mall Shopping Values and Habitats A Comparison Between English- and French-Speaking Canadian. Journal of business Research 57 (2004) 883-892.
Rupesh, K.T., dan Anish, A., Understanding The ConsumerBehavior Towards Shopping Malls In Raipur City. International Journal of Management & Strategy July-Dec.2010
Tony, W., Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah dan Interprestasi data, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Zhang, Y., The Influence Of the Mall Environment On Shopper’s Value and Consumenr Behavior In China. Proceedings of ASBBS volume 18 number 1.
http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/mpar/2009/jiunkpe-ns-s1-2009-35405049-21727-conjointchapter2. pdf. Diunduh November 2012
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=hair%20et%20al.%20(2005)%20dalam%20dwi%20lianasari%20(2009)&source=web&cd=7&cad=rja&ved=0CEYQFjAG&url=http%3A%2F%2Flibrary.um.ac.id%2Ffree-contents%2Fnewkaryailmiah%2Fsearch.php%2Fdipertimbangka.php&ei=Enf3ULrTDdHIrQfi54HoBg&usg=AFQjCNHIpQfbWQoSEQsuqOmEFu8p8LoSw&bvm=bv.41018144,d.bmk . Diunduh November 2012
http://jatim.bps.go.id . diunduh Oktober 2012
www.icsc.org .diunduh November 2012
http://buletin.melsa.net.id/nop/1022/bandung_evolusi.html diunduh Januari 2013
http://Surabayapost.co.id diunduh oktober 2012
http://www.suarapembaruan.com/ekonomidanbisnis/airasia-buka-kantor-penjualandi-tunjungan-plaza/4448 diunduh Januari 2013
http://www.transsurabaya.com/2010/12/mall-galaxy/ diunduh Januari 2013
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.