ANALISIS PERILAKU BELANJA DI MALL BERDASARKAN FAKTOR USIA DAN GENDER DI TUNJUNGAN PLAZA DAN GALAXY MALL

  • Eric Nugraha The Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 337 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1003 times
Keywords: Perilaku Belanja, faktor social, escape, exploratation

Abstract

Perkembangan pesat ritel telah menyebabkan ekspansi di Surabaya. Penelitian ini diarahkan untuk memahami perilaku belanja konsumen. Mal membawa manfaat fungsional dan pengalaman untuk mereka dan mempengaruhi perilaku belanja mereka. Uji ANOVA digunakan untuk analisis dengan menyebar 100 kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa jenis kelamin dan usia konsumen memainkan peranan penting dalam menentukan sikap konsumen terhadap perilaku berbelanja di mal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan gender pada dimensi social, escape, dan exploration. Dimana dimensi social adalah kemampuan pegawai mall untuk lebih bersifat responsif dan bersahabat. Escape, menganggap mall sebagai tempat untuk menghindari kebosanan, sendiri, stress, cuaca buruk, kemacetan, dan aktifitas sehari-hari. Dimensi exploration, adalah mall dianggap sebagai tempat untuk menemukan hal-hal baru, mencari pengalaman, terdapat produk yang menarik dan mencoba produk yang dijual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anantawikrama, T.A., dan Nengah, B.A., Shopping mall: “Sekolah Membentuk Manusia Berideologi Konsumerisme. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran jilid 43, nomor 4 April 2010, hlmn 26-35

Arpita, K., Mall Shopping Behavior Of Indian Small Town Consumers.. Journal of retailing and consumer services 18 (2011) 110-118.

Byurnina, D., dan Khodadad, S.S,. The Influence Of Eco-Labeled On Consumer Buying Behavior. International Business Management 5 januari 2011.

Cornelius, T., step by step SPSS 20 Analisis Data Statistik, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Felicia, A., The Analysis The Store Atmosphere’s Influence Towards Emotions, shopping Behavior and Approach Behavior. Focus Ekonomi (FE), Agustus 2011, Hal 125-139.

Noel, M., dan Edward, M., The Seven PS of Marketing and Choice of Main Grocery Store In a Hyperinflationary Economy. Contemporary Marketing Review Vol.1(9) pp 01-18, November, 2011

Richard, M., dan Jean, C.C., Cross Cultural Mall Shopping Values and Habitats A Comparison Between English- and French-Speaking Canadian. Journal of business Research 57 (2004) 883-892.

Rupesh, K.T., dan Anish, A., Understanding The ConsumerBehavior Towards Shopping Malls In Raipur City. International Journal of Management & Strategy July-Dec.2010

Tony, W., Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah dan Interprestasi data, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Zhang, Y., The Influence Of the Mall Environment On Shopper’s Value and Consumenr Behavior In China. Proceedings of ASBBS volume 18 number 1.

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/mpar/2009/jiunkpe-ns-s1-2009-35405049-21727-conjointchapter2. pdf. Diunduh November 2012

http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=hair%20et%20al.%20(2005)%20dalam%20dwi%20lianasari%20(2009)&source=web&cd=7&cad=rja&ved=0CEYQFjAG&url=http%3A%2F%2Flibrary.um.ac.id%2Ffree-contents%2Fnewkaryailmiah%2Fsearch.php%2Fdipertimbangka.php&ei=Enf3ULrTDdHIrQfi54HoBg&usg=AFQjCNHIpQfbWQoSEQsuqOmEFu8p8LoSw&bvm=bv.41018144,d.bmk . Diunduh November 2012

http://jatim.bps.go.id . diunduh Oktober 2012

www.icsc.org .diunduh November 2012

http://buletin.melsa.net.id/nop/1022/bandung_evolusi.html diunduh Januari 2013

http://Surabayapost.co.id diunduh oktober 2012

http://www.suarapembaruan.com/ekonomidanbisnis/airasia-buka-kantor-penjualandi-tunjungan-plaza/4448 diunduh Januari 2013

http://www.transsurabaya.com/2010/12/mall-galaxy/ diunduh Januari 2013
Published
2013-03-01