PEMBUATAN WEBSITE PENYEWAAN PRASARANA OLAHRAGA BERBASIS LAPANGAN
Abstract
Pada saat ini beberapa pemilik bisnis penyewaan prasarana olahraga berbasis lapangan seperti badminton dan futsal sedang menghadapi tantangan untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi pelanggan dan ingin mempromosikan bisnis penyewaan prasarana olahraganya. Hal yang sama juga dirasakan oleh pelanggan yang ingin menyewa tempat prasarana olahraga tersebut, terkadang kesulitan mencari lapangan yang kosong dikarenakan jadwal yang ada sudah terisi dan informasi jadwal lapangan yang selalu berubah-ubah, sehingga harus mengecek di tempat yang lain. Seturut berjalannya perkembangan teknologi informasi saat ini yang semakin pesat salah satunya adalah internet, dimana dengan adanya teknologi internet dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada pada setiap tempat bisnis penyewaan prasarana olahraga berbasis lapangan. Untuk itu perlu adanya suatu sistem informasi website yang mewadahi setiap pemilik bisinis penyewaan prasarana olahraga agar dapat mempromosikan bisnisnya dan dapat bertransaksi dengan pelanggan dalam proses pemesanan dan penyewaan lapangan. Pembuatan website penyewaan prasarana olahraga berbasis lapangan ini diawali oleh proses analisis terhadap sistem yang sedang berjalan saat ini sekaligus melakukan benchmarkingterhadap website-website yang sejenis. Lalu berdasarkan hasil analisis dilakukan desain sistem dan implementasi sistem. Setelah implementasi sistem selesai, dilakukan uji coba dan evaluasi terhadap sistem yang dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap verifikasi dan validasi. Hal tersebut untuk memastikan sistem informasi yang dibuat telah berjalan sesuai kebutuhan. Kesimpulan dari pembuatan website penyewaan prasarana olahraga berbasis lapangan ini adalah bahwa sistem informasi yang dibuat dapat mempermudah pelanggan dalam mencari informasi jadwal lapangan yang kosong pada berbagai tempat, mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan lapangan, membantu pemilik bisnis tempat penyewaan prasarana olahraga dalam mengelola laporan data transaksi pemesanan dan penyeawaan, dan membantu pemilik bisnis dalam mempromosikan bisnis penyewaan prasarana olahraganya.
Downloads
References
Bernadus Herdi SIRENDENEster Laekha DACHI. (2012). Buat Sendiri Aplikasi Petamu Menggunakan CodeIgniter dan Google Maps API. Yogyakarta: Andi.
Budi, W.Y.T. (2013). Pedoman Dasar Membuat Website. Surabaya: Pustaka Media.
Kroenke, D. (2000). Database Concepts. San Fransisco: Prentice Hall.
McLeod, R. (2001). Sistem Informasi Manajemen, jilid I, edisi Indonesia. PT Prenhallindo, Jakarta, Indonesia.
O’Brien, J.A. (2002). Management Information System (4th ed). McGraw-Hill Inc, USA. 700pp.
Toni KUN. (2010). Membuat Website Canggih dengan jQuery untuk Pemula. Jakarta: Mediakita.
Westriningsih. (2011). Mudah & CepatMembuat Website dengan CodeIgniter. Yogyakarta: Andi.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.