PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN, DAN PERSEWAAN BARANG DI TOKO "X"

  • Ahmad Aan Tory Tonang Jurusan Teknik Informatika / Universitas Surabaya
Abstract Views: 13 PDF - FULL TEXT Downloads: 13
Keywords: sistem informasi, persewaan, pembelian, penjualan, outdoor

Abstract

Abstrak – Toko ‘X’ adalah penyedia jasa persewaan alat-alat outdoor yang berada di daerah Gresik. Dari hasil analisis, saat ini terdapat beberapa permasalahan dalam hal administrasi dan pengelolaan data persewaan, pembelian, dan penjualan. Masalah yang dihadapi adalah proses sewa barang yang mengharuskan pelanggan untuk datang langsung ke toko, proses pengiriman barang yang mengharuskan pelanggan mengambil barangnya sendiri ke toko, menanyakan informasi ketersediaan stok barang outdoor yang harus menghubungi pemilik toko atau datang langsung ke toko, sehingga menyulitkan pelanggan. Proses penjualan dan pembelian barang outdoor yang belum tersistem menyulitkan pemilik toko karena tidak dapat memantau stok secara realtime, sehingga sering terjadi kesalahan saat melakukan pencatatan penambahan atau pengurangan stok barang. Pengecekan siapa saja yang sedang melakukan peminjaman barang memakan waktu lama, karena harus memeriksa lampiran nota peminjaman barang. Desain sistem yang dibuat meliputi desain basis data, desain interface baik dari sisi member maupun admin, dan desain proses sistem. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan framework Laravel. Setelah dilakukan proses validasi pada sistem yang baru, mulai dari proses sewa, pembayaran, pengembalian, pembelian, penjualan, dan adjustment, sistem yang dibuat sudah memenuhi kebutuhan Toko ‘X’ dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan proses administrasi dan pengelolaan data persewaan, pembelian, dan penjualan. Kesimpulan dari sistem ini adalah, sistem dapat menangani proses sewa, pembayaran, pengembalian, penjualan, pembelian, dan adjustment, sistem dapat mengurangi risiko dari hilangnya nota sewa, karena data telah terkomputerisasi, dan sistem dapat memberikan informasi yang dibutuhkan baik dari sisi member maupun admin secara cepat dan mudah.

Kata kunci: sistem informasi, persewaan, pembelian, penjualan, outdoor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Sutoro; Kristin, Desi Maya. 2014. Strukturisasi Entity Relationship Diagram Dan Data Flow Diagram Berbasis Business Event-Driven. Malang : Binus University.

Alatas, Husein. 2013. Responsive Web Design dengan PHP dan Bootstrap. Yogyakarta : Lokomedia.

Banjarnahor, Beny Bond; Hartomo, Kristoko Dwi. 2016. Penerapan Laravel Framework Dalam Perancangan Sistem Informasi Promosi Produk Unggulan UKM Berbasis Web. Jawa Tengah : Universitas Kristen Satya Wacana.

L.Whitten, Jeffery; D.Bentley, Lonnie; C.Dittman, Kevin. 2000. System Analysis and Design Methods (5th ed). New York : Irwin McGraw-Hill.

O’Brian, James; Marakas, George. 2006. Introduction to Information System. Boston : MA McGraw-Hill.

Otwell, Taylor. 2017. Laravel Documentation. www.laravel.com\docs\5.5. Diakses pada 4 Desember 2017

Surya, Mahenda Metta; Wongso, Albert; Richard. 2014. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Direktorat Research & Technology Transfer Binus University. Malang : Binus University.

Zakir, Ahmad. 2016, Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework. Sumatera Utara : Universitas Islam Sumatera Utara.
Published
2019-09-01