IMPLEMENTASI DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING PADA PT. ARTA BOGA CEMERLANG SURABAYA

  • Yohanna Pangestu Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 983 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3466 times
Keywords: Distribusi, Optimalisasi Distribusi, Distribution Requirement Planning (DRP)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menerapkan perencanaan kebutuhan distribusi untuk mengendalikan ketersediaan produk melalui penjadwalan distribusi dalam rangka optimalisasi aktivitas distribusi produk makanan ringan pada PT. Arta Boga Cemerlang. Studi ini menggunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP). DRP berfokus pada manajemen distribusi inventori perusahaan. Dalam studi ini, penerapan DRP diawali dengan peramalan permintaan. Peramalan permintaan masing – masing produk akan menggunakan metode peramalan terbaik yang merupakan hasil perbandingan dari metode peramalan perataan bergerak tunggal dan metode pemulusan eksponensial tunggal. Hasil dari peramalan permintaan tersebut, akan digunakan dalam pengendalian persediaan dan penjadwalan distribusi melalui penerapan metode DRP. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penerapan DRP pada PT. Arta Boga Cemerlang dapat menyelesaikan permasalahan yang selama ini dihadapi perusahaan dalam aktivitas pendistribusiannya. Dengan menerapkan DRP, ketersediaan produk menjadi memadai dan aktivitas distribusi menjadi lancar. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan DRP menghasilkan optimalisasi aktivitas distribusi pada perusahaan. Dengan demikian, PT. Arta Boga Cemerlang tidak lagi harus kehilangan penjualan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zylstra, Kirk D., 2006, Lean Distribution, Jakarta : PPM.

Martono, Ricky, 2015, Manajemen Logistik Terintegrasi, Jakarta : PPM.

Pujawan, N., 2005, Supply Chain Management, Surabaya : Guna Widya. Turban, Rainer, Porter, 2004, Information Technology for Management, Forth Edition, England : John Wiley & Sons, Inc.

Hugos, Michael, 2006, Essensial of Supply Chain Management, Second Edition, England : Jhon Wiley & Sons, inc.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya.

Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R.D, 2005, Strategi Manajemen Pembelian dan Supply Chain, Jakarta : Grasindo.

Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R.D, 2003. Manajemen Persediaan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

A. Ptak, Carol and Eli Schragenheim, 2004, ERP: Tools, Techniques, and Applications for Integrating the Supply Chain, Second Edition. England : ST.Lucie Press.

Bowersox, D.J., Closs, D.J., Cooper, M.B., and Bowersox, J.C., 2013, Supply Chain Logistics Management, Fourth Edition, Singapore : McGraw-Hill.

Bozarth, Cecil and Robert Handfield, 2008, Introduction to Operations and Supply Chain Management, Second Edition, New Jersey : Pearson Education Inc.

Heizer, Jay dan Barry Render, 2009, Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi Kesembilan, Jakarta : Salemba Empat.

Handoko, T. Hani, 2003, Manajemen, Edisi Kedelapan Belas, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
Published
2017-09-01