PDF-Full Text

Perilaku Adaptif Anak Dalam Playgroup

  • Heru Astikasari Universitas Kristen Satya Wacana
Abstract Views: 0 times
PDF-Full Text Downloads: 0 times
Keywords: adaptive behavior, playgroup, early childhood

Abstract

This study is keen to know whether a significant difference exists between playgroup adaptive behavior and non-playgroup adaptive behavior. The population were children (N = 60) aged 3-4 years from Salatiga, who were divided into 2 groups, i.e.subjects (n = 30) from three playgroups, and subjects (n = 30) who do not attend playgroups as control group. Data were collected through measurement with Vineland Adaptive Behavior Scale (VABS), a revised and restandardized version of the Vineland Social Maturity Scale, developed by Doll (Sparrow et all., 1984). Results from a t-test analysis show a significant difference in adaptive bahavior between those who attend and those who do not attend a playgroup.

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara perilaku adaptif anak yang mengikuti playgroup dengan yang tidak mengikuti playgroup. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 3–4 tahun di kota Salatiga. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh subjek penelitian (N = 60) yang dibagi menjadi dua kelompok (30 anak sebagai subjek penelitian, berasal dari tiga playgroup, dan 30 anak sebagai kontrol, yang tidak mengikuti playgroup). Data diperoleh dari hasil pengukuran dengan Vineland Behavior Adaptive Scale (VABS) yang merupakan revisi dari Vineland Social Maturity Scale yang dikembangkan oleh Doll (Sparrow, dkk 1984). Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara perilaku adaptif antara anak yang mengikuti playgroup dengan yang tidak mengikuti playgroup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayah Bunda. (1993). Anak sekolah dan perilakunya. Jakarta: Yayasan Aspirasi Pemuda.

Azwar, S. (1999). Pengantar psikologi inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berk, L.E. (2001). Development through the life-span ( 2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, I. (2003). Hubungan antara intensitas dan kualitas bermain dengan kreativitas pada anak usia pra-sekolah. Skripsi. tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Murti, H. A. S. (2002). Pengaruh jenis permainan terhadap perkembangan kemampuan visual motorik anak. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Rahman, H. S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Santrock, J. W. (1995). Life-Span development: Perkembangan masa hidup (Ed. 5, Jilid 1). Ja- karta: Erlangga.

Sihombing, L. (2006). Kompetensi interpersonal ditinjau dari keikutsertaan anak dalam play-group pada masa kanak-kanak awal, usia 3 – 4 tahun. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Sparrow, S. S., Balla, D. A., & Cicchetti, D. V. (1984). Vineland adaptive behavior scales: Interview edition expanded forms manual. Minnesota: American Guidance Service, Assessment Services.

Supriadi, D. (2004). Membangun bangsa melalui pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2006-10-01
How to Cite
Astikasari, H. (2006). Perilaku Adaptif Anak Dalam Playgroup. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 22(1), 86-91. https://doi.org/10.24123/aipj.v22i1.4281