PDF-Full Text

Pengaruh Modalitas Stimulus Terhadap Memori

  • Mohammad Aminullah Universitas Surabaya
  • Listyo Yuwanto Universitas Surabaya
  • Hari K. Lasmono Universitas Surabaya
Abstract Views: 6 times
PDF-Full Text Downloads: 4 times
Keywords: bimodal stimulus, unimodal stimulus, memory efficiency

Abstract

The aim of this research was to find an alternative method to enhance the efficiency of memorizing through emphasizing the auditory and visual stimuli as the most common used media in the education process. Subjects were 25 psychology students, who were conducting a simple memory task, consisting five stimuli, each was a combination of visual, auditory, and audiovisual elements. A special colour variation was used as information cue in the visual stimulus. A one way ANOVA reveals that a pure bimodal stimulus had a more efficient affect towards memory compared to a pure unimodal stimulus. Adding variations in the background colour could enhance memory efficiency as to equal bimodal stimuli, but variations in bimodal stimuli could not enhance the memory efficiency compared to pure bimodal stimuli. No significant differences were found in memory efficiency in each study modality type.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif mengefisienkan proses pembentukan memori dengan lebih berfokus pada penggunaan stimulus auditori dan stimulus visual sebagai media yang paling sering digunakan dalam edukasi. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa sebuah fakultas psikologi yang diminta untuk mengerjakan tugas mengingat sederhana dengan menggunakan lima stimulus yang masing-masing merupakan kombinasi unsur visual, auditori, dan audiovisual. Khusus untuk visual digunakan variasi warna sebagai cue informasi. Melalui analisis varian satu jalur ditemukan stimulus bimodal murni memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap efisiensi memori dibandingkan dengan unimodal stimulus yang murni. Pemberian variasi berupa warna latar teks yang berbeda pada unimodal stimulus visual mampu meningkatkan efisiensi memori sehingga setara dengan bimodal stimulus, namun pemberian variasi pada bimodal stimulus tidak mampu membuat efisiensi memori yang dihasilkannya menjadi lebih baik dibandingkan dengan bimodal stimulus murni. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal efisiensi memori pada tiap-tiap tipe modalitas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bailey, R. J. (2001). The effects of highlighting on long-term memory. Diunduh 25 Desember 2007, dari http://clearinghouse.missouriwestern.edu/ manuscripts/294.asp

Daniels, H. L. (1996). Interaction of cognitive style and learner control of mode in hypermedia environnment. Diunduh 25 Januari 2008, dari http://scholar. lib. vt.edu/ theses/public/etd- 3132141279612241/etd.pdf

Epps, H. H., & Kaya, N. (2004). Color matching from memory. Diunduh 12 Januari 2008, dari http://www.fadu.uba.ar/sitios/sicyt/color/aic2004/ 018-021.pdf

Gilgour, S. R. (2004). Highlighting the color of memory. Diunduh 25 Desember 2007, dari http://clearinghouse.missouriwestern.edu/manusc ripts/527.asp

Hecht, D., Reiner, M., & Halevy, G. (2005). Multi- modal stimulation, response time, and presence. Diunduh 4 Mei 2007, dari http://www.temple.edu/i spr/prev_conferences/proceedings/2005/Hecht,%20 Reiner,%20Halevy.pdf

Huffman, C. (2007). The role of auditory informati- on in audiovisualspeech integration. Diunduh 28 Ja- nuari 2008, dari http://kb.osu.edu/dspace/bitstream/ 1811/25238/1/CrystalHuffman.pdf

Kalyuga, S., Chandler, P., & Sweller, J. (1999). Managing split-attention and redundancy in multimedia instruction. Diunduh 12 Januari 2009, dari http://tecfa. unige.ch/tecfa/teaching /staf15/ref/kalyuga.pdf

Karpicke, J., & Pisoni, D. B. (2000). Memory span and sequence learning using multimodal stimulus pattern: Preliminary finding in normal-hearing adults. Diunduh 2 Mei 2007, dari http://www.indiana.edu/~srlweb/Karpicke-393.pdf

Keller, T., & Grimm, M. (2005). The impact of dimensionality and color coding information visualization on knowledge acquisition. Diunduh 11 Januari 2009, dari http://www.springerlink.com/ content/qykr5lpjua03r36r/

Matlin, M. W. (1998). Cognition (4th ed.). Fort Worth: Harcourt Brace College Publishers.

Mustaqim, H. (2001). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Najjar, L. J. (1995). A review of the fundamental effects of multimedia information presentation on learning. Diunduh 28 Desember 2007, dari ftp:// ftp.gvu.gatech. edu/ pub/gvu/tech-reports /1995 /95-20.pdf

Partanto, P. A., & Barry, M. D. A. (1994). Kamus ilmiah populer. Surabaya: Arkola.

Pourtois, G., & Gelder, B. de. (2002). Semantic factors influence multisensory pairing: a trans-cranial magnetic stimulation study. Diunduh 11 Januari 2008, dari http://arno.uvt.nl/show.cgi?fid=13996

Pranata, M. (2003). Efek seduktif-redundansi desain pesan multimedia. Diunduh 2 Januari 2008, dari http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/a rticle/ viewPDF Interstitial/16091/16083

Pranata, M. (2004). Efek redundansi: Desain pesan multimedia dan teori pemrosesan informasi. Di- unduh 2 Januari 2008, dari http://www.petra.ac.id/ ~puslit/journals/pdf.php?PublishedID=DKV04062 06

Rochmad. (2008). Tinjauan filsafat dan psikologi konstruktivisme: Pembelajaran matematika yang melibatkan penggunaan pola pikir induktif- deduktif. Diunduh 31 Januari 2008, dari http://rochmad-unnes.blogspot.com/2008 /02/ tinjauan-filsafat-dan-psikologi.html

Rohani, A. (1997). Media instruksional edukatif. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sia, T. D. (2003). Keandalan Vark: Instrumen mo- dalitas belajar baru yang unik dan menarik. Anima, Indonesian Psychological Journal, 18(4), 341-361.

Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Jakarta: CV Pustaka Setia.

Tabber, K. H. (2002). The modality of text in multimedia instruction. Diunduh 25 Januari 2008, dari http://www.ou.nl/Docs/Expertise/ OTEC/Publicaties/huib%20 tabbers/ doctoral% 20dissertation%20Huib%20Tabbers%20-% 20web %20version.pdf Verplanken, B. (n.d). Habits and implementation intentions. Diunduh 29 Januari 2008, dari http://uit.no/getfile.php?PageId=1935&FileId=312

Wantik, L. (2008). Menumbuh kembangkan potensi peserta didik sekolah menengah melalui model pembelajaran konstruktivisme dalam seting investigasi grup. Diunduh 31 Januari 2008, dari http://wantik.wordpress.com/2008/09/03/ makalah- seminar/ Wixted, J. T. (2005). A theory about why we forget what we once knew. Diunduh 2 Januari 2008, dari http://psy.ucsd.edu/ ~jwixted/ Reprints/ Wixted_ (2005).pdf
Published
2009-04-01
How to Cite
Aminullah, M., Yuwanto, L., & Lasmono, H. K. (2009). Pengaruh Modalitas Stimulus Terhadap Memori. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 24(3), 265-281. https://doi.org/10.24123/aipj.v24i3.4435