EVALUASI PRAKTIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASARKAN PRINSIP CORPORATE GOVERNANCE DI PT.MIWON INDONESIA

  • Roynanda Alexander Sinatra Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Dianne Frisko Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 235 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 517 times
Keywords: CSR, corporate governance

Abstract

Setiap perusahaan selalu ingin dapat menghasilkan profit dan bisa bertahan dalam jangka panjang. Akan tetapi kondisi yang ada sekarang menyebabkan perusahaan tidak bisa lagi hanya fokus terhadap bagaimana menghasilkan profit, namun harus mulai memperhatikan lingkungan dan masyarakat disekitarnya, yang dikenal dengan konsep triple bottom line. Hal itu dapat dicapai dengan menerapkan kegiatan CSR, seperti yang dilakukan oleh PT.Miwon Indonesia, yang telah menyadari akan pentingnya kegiatan CSR untuk dapat bertahan dalam jangka panjang. Dalam penerapan CSR terdapat empat pilar pendukung yang utama, strategic governance, human capital, stakeholders capital, serta environment. Penerapan corporate governance yang baik akan meningkatkan kegiatan CSR yang berkualitas . Maka dari itu penulisan ini mengambil contoh perusahaan PT.Miwon Indonesia di Driyorejo, Gresik sebagai obyek penelitian. Penelitian ini merupakan applied research dan dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Penelitian terhadap kegiatan CSR serta melihat bagimana penerapan lima prinsip corporate governance memperoleh hasil berupa hambatan atau tantangan apa saja yang ada dalam perusahaan. Hasil penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi pada penerapan CSR yang mengacu pada prinsip corporate governance yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen. Perbaikan ini dibuat agar penerapan CSR yang dilakukan dapat semakin baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamson, Robert. 2011. Corporate Governance, Risk Management and Corporate Social Responsibility in Emerging Markets: A Symbiotic Relationship, Corporate Governance and Risk Management Blog. Simon Fraser University: Vancouver, Canada.

Ancok, Djamaludin. 2005. Investasi Sosial. La Tofi Enterprise: Jakarta.

Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Hui, F. dan G. Bowrey.2008. Corporate Social Responsibility Reporting in Hong Kong: Case Study of Three Note-issuing Banks (2003-2006)

Http://griid.org/2010/03/30/the-triple-bottom-line-and-sustainability/. (online) (diakses juni 2014)

Indonesia. Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas, UU No.40 tahun 2007

Indonesia. Undang-Undang tentang Penanaman Modal, UU No.25 tahun 2007

Jain, Shilpa and Abhiseh Triptathi. 2011. Corporate Social Responsibility: A Journey Towards Sustainability: Case Study on Ballarpur Industries Ltd. In reference to Yamunanagar Plant, (online), (http://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1801342 ,diakses tanggal 15 Mei 2014).

Jamali, D. dan M. Rabbath. 2007. Corporate Governance (CG) and Corporate Social Responsibility (GCG) Synergies and Inter-Relationships, Corporate Responsibility Research Conference. Devonshire Hall, University of Leeds, United Kingdom.

Jamali, D. dan M. Rabbath. 2008. Corporate Governance(and Corporate Social Responsibility Synergies and Inter-Relationships. Journal compilation © 2008 Blackwell Publishing Ltd Volume 16, No. 5 September 2008

Jamin, Ginting. 2007. Tinjauan Yuridis Terhadap Social Responsbility (CSR) dalam Good Corporate Governance (GCG), Lex Jurnalica Vol 5 No. 1, Desember 2007.

Kaihatu, Thomas S. 2006. Good Corporate Governance dan Penerapannya di Indonesia, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume. 8, NO.1, Maret 2006,

Lawrence, Anne T. and James Weber. 2011. Business and Society: Stakeholders, Ethics, Public Policy, 13th Edition. James Post. Book: English.

Novita dan Chaerul D. Djakman. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan; Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2006, Proceeding Simposium Nasional Akuntansi XI: Pontianak.

Rachman, Nurdizal M., Asep Efendy, dan Emir Wicaksana . 2011. Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Swadaya: Depok.
Published
2014-09-01