DESAIN PELAPORAN CSR SEBAGAI SARANA EVALUASI CSR KEPADA STAKEHOLDER: STUDI KASUS PT. CIPUTRA SURYA, Tbk

  • Ayu Wulandari Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Seiring berjalannya kegiatan operasional perusahaan, maka perusahaan juga harus mulai memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Hal itu dapat dicapai dengan menerapkan kegiatan CSR. Dalam penerapan CSR terdapat tahap tahap pelaksanaan CSR yang terdiri dari tahap perencanaan, implementasi, evaluasi hingga pelaporan kegiatan. Tahap pelaksanaan CSR ini sangat penting untuk dilakukan agar kegiatan CSR yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang ada.  Penelitian ini mengambil contoh PT. Ciputra Surya, Tbk. di Surabaya sebagai obyek penelitian. Penelitian merupakan applied research dan dilakukan dengan metode wawancara, observasi serta analisis dokumen. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana penerapan CSR serta tahapan CSR yang ada di perusahaan, menjelaskan pula hambatan dan tantangan yang ada serta pemberian rekomendasi yang tepat dari anlisis hambatan dan tantangan yang peneliti temukan.  Hasil penelitian bertujuan memberikan rekomendasi pada tahap penerapan CSR yang ada di PT. Ciputra Surya, Tbk. khususnya rekomendasi laporan CSR yang digunakan untuk evaluasi kegiatan CSR kepada stakeholder. Perbaikan ini bertujuan agar tahapan penerapan CSR yang ada di perusahaan dapat dilakukan dengan lebih baik dan maksimal. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elkington J. 1997. Triple Bottom Line. https://en.wikipedia.org/wiki/triple_bottom_line (Diakses pada tanggal 09 Mei 2015)

GRI4. 2015. G4 Sustainability Reporting Guideline. https: //www.globalreporting.org/resourcelibrary/GRIG4-Part1-Reporting-Principles-and-Standard-Disclosures.pdf (Diakses pada 19 Mei 2015)

Prihadi, K (2013). CSR dan Global Reporting Initiative (GRI). Koranpembaruan.com/online/1701/CSR-dan-Global-Reporting-Initiative-(GRI)-oleh:- Endra-K-Prihadi.html (Diakses pada tanggal 16 September 2015)
Published
2017-09-01
How to Cite
WULANDARI, Ayu. DESAIN PELAPORAN CSR SEBAGAI SARANA EVALUASI CSR KEPADA STAKEHOLDER: STUDI KASUS PT. CIPUTRA SURYA, Tbk. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 65 - 75, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/899>. Date accessed: 17 july 2018.