open access

Abstract

Film adalah salah satu media yang menarik untuk dikaji, baik dalam konten, teknis, hingga produksi film itu sendiri. Film sebagai media yang melibatkan bahasa visual dan audio mampu menghadirkan sebuah tontonan yang lengkap, sehingga berpotensi menimbulkan impact yang bermacam-macam dan membuat audiens mengalami pengalaman yang beragam. Pada perkembangan industri perfilman modern, film juga dimanfaatkan sebagai media representasi brand atau beriklan. Pembuat film mempunyai cara penyajian tertentu dalam ‘menyisipkan’ brand agar tersampaikan kepada audiens tanpa ada kesan pemaksaan informasi. Branding dalam film didesain agar menjadi satu kesatuan dalam struktur dan unsur film, sehingga kerap dikategorikan sebagai
‘iklan terselubung’, Penelitian ini bertujuan mencari berbagai kemungkinan kriteria kesadaran audiens terhadap brand tertentu. Film yang menjadi studi kasus adalah film Indonesia populer. Hasil akhir peneliti ini diharapkan dapat menjadi acuan pembahasan yang lebih luas lagi terhadap dampak adanya brand yang sengaja maupun tidak sengaja diselipkan pada sebuah film.