MOTIVASI BACKPACKER NUSANTARA BEPERGIAN KE SINGAPURA
Abstract
Penelitian ini menguji perbedaan motivasi untuk backpacker nusantara yang melakukan perjalanan pertama kali dan berulang bepergian ke Singapura. Sebanyak 170 responden telah mengisi kuisioner dengan 13 responden yang tidak valid yang digunakan untuk analisis. Sebanyak 71 responden melakukan untuk pertama kali dan 86 responden melakukan untuk berulang. Backpacker yang melakukan perjalanan pertama kali memiliki kecenderungan termotivasi karena ingin mengunjungi tempat yang mereka belum pernah kunjungi, sedangkan yang berulang tidak. Backpacker yang berulang lebih termotivasi karena kenyamanan transportasi publik, sedangkan yang pertama kali juga sama termotivasi karena hal tersebut. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor pendorong(push) yang lebih kuat dari faktor penarik(pull) untuk backpacker yang melakukan perjalanan pertama kali dan berulang. Saran untuk menarik backpackers berulang yang tersedia dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi tambahan untuk menentukan strategi marketing pariwisata dan pengelolahan pariwisata Indonesia.
Downloads
References
Correia, A., do Valle, P. O., & Moço, C. 2007b. Modeling motivations and perceptions of Portuguese tourists, Journal of Business Research, Vol.60(1):76–80
Goeldnes, R dan Ritchie, B, 2012, Tourism : Principles, Practices, Philosophies, 12th Edition, John Wiley & Sons.
Jane, L.S., Wang, T.C., dan Phoebe, Y.H., 2014, Motivations for first-time and repeat backpackers in Shanghai, Tourism Management Perspective, Vol. 12:57-61
Kim, S., Lee, J.S., Kim, M., 2012, How different are first-time attendees from repeat attendees in convention evaluation ?, International Journal of Hospitality Management, Vol. 31:544-553
Larsen, S., Øgaard, T., & Brun, W. 2011. Backpackers and mainstreamers: Realities and myths, Annals of Tourism Research, Vol.38(2):690–707
Loker-Murphy, L., Pearce, P. L. 1995. Young budget travelers: Backpackers in Australia, Annals of Tourism Research, Vol.22(4):819–843
Maholtra, K.N., 1993, Marketing Research An Applied Orientation, 2nd Edition, Prentice Hall International Inc.
Maoz, D. 2007. Backpackers' motivations: The role of culture and nationality, Annals of Tourism Research, Vol.34(1):122–140
McIntosh,W dan Goeldnes, R, 1990, Tourism : Principles, Practices, Philosophies, 6th Edition, John Wiley & Sons.
Schiffman, G, 2004, Consumer Behavior, 8th Edition, Pearson Education.
Shantika, M.P., 2013, Factor Analysis Of Push And Pull Travel Motivations Of Foreign Tourism To Lombok, Thesis, Universitas Surabaya.
Soekadijo, R.G., 1996, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama , Jakarta.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.