FORMULASI STRATEGI DALAM RANGKA KEBERLANJUTAN BISNIS BAGI PT. WJSI GRESIK
Abstract
Pasar untuk industri sepeda di Indonesia masih memiliki trend positif sehingga produsen sepeda lokal di Indonesia dapat mengembangkan usahanya untuk melanjutkan bisnisnya. PT. WJSI merupakan salah satu produsen sepeda lokal kelas menengah di Indonesia. Untuk memenangkan persaingan maka perlu strategi yang tepat. Oleh karena itu diformulasikan strategi yang dapat membantu PT. WJSI agar mampu memenangkan persaingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, pengamatan dan analisis dokumen untuk memperoleh data. Penelitian ini berusaha menggabungkan hasil analisis dan intuitif untuk menyusun strategi yang tepat bagi PT. WJSI. Tahapan formulasi strategi yaitu input stage, matching stage dan decision stage. Pada input stage dilakukan internal dan external assessment untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman badan yang dihadapi. Pada matching stage dilakukan analisis berdasarkan input dengan berbagai alat. Analisis strategi menggunakan Strength, Weaknesses, Opportutnities, Threaths Matrix (SWOT matrix) dan The Grand Strategy Matrix (GSM). Decision stage merupakan analisis alternatif strategi untuk menentukan strategi yang cocok untuk diterapkan. Alternatif strategi yang muncul dari SWOT Matrix dan GSM tersebut akan dianalisis secara kuantitatif melalui Quantitative Strategi Planning Matrix (QSPM). Dengan menggunakan metode manajemen stratejik yang analitis dan intuitif, untuk keberlanjutan bisnis bagi PT. WJSI maka diusulkan strategi product development.
Downloads
References
Altiok, Pinar. 2011. Applicable vision, mission and the effects of strategic management on crisis resolve. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.24; Hlm.61–71.
Aracioglu, Burcu. 2013. Measuring and Evaluating Performance within the Strategic Management Perspective: A Study on Performance Measurement of A Seafood Company. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.99;
Hlm.1026–1034.
Aracioglu, Burcu. 2013. Measuring and Evaluating Performance within the Strategic Management Perspective: A Study on Performance Measurement of A Seafood Company. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.99;
Hlm.1026–1034.
ASEAN. ASEAN Economic Community. http://www.asean.org/communities/asean-economic-community. (diunduh tanggal 22 april 2014)
Berg, Bruce L. 2001. Reasearch Method For The Social Sience. 4th Edition. Needham Heights : Pearson Education Company.
BPS. Jumlah dan Laju Pertumbuhan Penduduk. http://demografi.bps.go.id/ (diunduh 1 agustus 2014).
BPS. Persentase pengeluaran masyarakat Indonesia. http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=05¬ab=7. (diunduh 15 januari 2014).
Caturini, Rizki. 2011. Sepeda Booming, bisnis pun melejit. http://lipsus.kontan.co.id/v2/sepeda/read/21/Sepeda-booming-bisnis-punmelejit (diunduh 15 januari 2014).
David, F.R. 2011. Strategic Management : Concept and Cases. 13th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Hamel, G. & C.K. Prahalad. 1989. Strategic Intent, Harvard Business Review. May-June: pp.63-76.
Hari, S. Adi. 2012. Indonesia BMX Statistik. http://scmtcrew.blogspot.com/ (diunduh 26 Maret 2014).
Kim,W.C. and Mauborgne, R. 2005. Blue Ocean Strategy : How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant. Boston, MA. : Harvard Business School Press.
Merek sepeda yang paling terkenal di Indonesia http://carapedia.com/merk_merk_sepeda_paling_terkenal_
info3240.html. (diunduh 14 Jan 2014 11.24pm).
Mintzberg, H. 1987. The strategy concept: Five Ps for strategy. California Management Review.
Neuman, W. Lawrence. 2011. Basic of Social Reasearch. 3rd Edition. Boston : Pearson Education Inc.
JPNN. Penjualan sepeda lokal - impor masih fifty-fifty. http://www.jpnn.com/read/2012/01/25/115304/Industri-Sepeda-Kejar-Sales-7,2-juta-Unit-. (diunduh 14 Jan 2014 11.24pm).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.