HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF EFFICACY PADA REMAJA AWAL

  • Dwi Putri Candra Jaya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 779 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1260 times
Keywords: self efficacy, parenting style, and early adolescents

Abstract

Pola asuh penting peranannya untuk tumbuh kembang anak, khususnya bagi remaja awal yang baru terbentuk self efficacynya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan self efficacy remaja awal. Subjek penelitian ini adalah 107 subjek siswa SMP dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun dan dilakukan secara incidental sampling. Skala self efficacy  yang digunakan untuk mengukur performansi tipikal (typical performance) yang diadaptasi oleh Vereswati (2007) dan skala pola asuh diadaptasi dari alat ukur yang dibuat oleh Gafoor dan Kurukkan (2014). Data dianalisis dengan uji korelasi nonparametik Spearman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan positif antara pola asuh dengan self efficacy  (r = 0,363; 0,000 <0.05).  Sebagian besar subjek memiliki pola asuh yaitu authoritative dan self efficacy yang tergolong sedang dan tinggi. Hasil dari uji korelasi, menunjukkan hubungan antara aspek pola asuh responsiveness dengan self efficacy (r = 0,273; sig= 0,004 < 0.05) dan demandingness dengan self efficacy memiliki hubungan (r = 0,368 dan sig = 0,000 < 0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. United States : Freeman and company

Bell, S. & Kozlowski, S. (2002). Goal Orientation and Ability : Interactive Effects on Self Efficacy, Performance and Knowledge. Journal of Applied Psychology , 87, 497-516.

Chemers, M. M., Hu, L., & Garcia, B. F. (2001). Academic self-efficacy and first-year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93(1), 55-64.

Eshel, N., Daelmans, B., De Mello,M. C., & Martines J. (2006). Responsive Parenting : Interventions and Outcomes. Bull World Health Organization , 84 (12), 991-998.

Gafoor, A. & Kurukkan, A. (2014). Construction and Validation of Scale of Parenting Style. Behavioral and Social Sciences , 2 (4), 315-323

Hong, Y. R. & Park, J. S. (2012). Impact of Attachment, Temprament and Parenting on Human Development. Korean Journal of Pediatrics, 55 (12), 449-454.

Papalia, D,E,. Old, S.W,. Feldman, R.D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Edisi 10 Buku 2. Jakarta. Salemba Humanika.

Salami, S.O., & Ogundokun, M.O. (2009). Emotional intelligence and self-efficacy as predictors of academic performance. Perspectives in Education, 25 (3), 175-185.

Trittin, D., & Lawrence, A. (2014). Parents, Are You Ready to Launch?. Jakarta: Kesaint Blanc.

Vereswati, H. (2007). Perbedaan Self Efficacy Remaja Ditinjau Dari Urutan Kelahiran. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.
Published
2018-03-01