HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF EFFICACY PADA REMAJA AWAL
Abstract
Pola asuh penting peranannya untuk tumbuh kembang anak, khususnya bagi remaja awal yang baru terbentuk self efficacynya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan self efficacy remaja awal. Subjek penelitian ini adalah 107 subjek siswa SMP dengan rentang usia 12 hingga 15 tahun dan dilakukan secara incidental sampling. Skala self efficacy yang digunakan untuk mengukur performansi tipikal (typical performance) yang diadaptasi oleh Vereswati (2007) dan skala pola asuh diadaptasi dari alat ukur yang dibuat oleh Gafoor dan Kurukkan (2014). Data dianalisis dengan uji korelasi nonparametik Spearman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan positif antara pola asuh dengan self efficacy (r = 0,363; 0,000 <0.05). Sebagian besar subjek memiliki pola asuh yaitu authoritative dan self efficacy yang tergolong sedang dan tinggi. Hasil dari uji korelasi, menunjukkan hubungan antara aspek pola asuh responsiveness dengan self efficacy (r = 0,273; sig= 0,004 < 0.05) dan demandingness dengan self efficacy memiliki hubungan (r = 0,368 dan sig = 0,000 < 0.05).
Downloads
References
Bell, S. & Kozlowski, S. (2002). Goal Orientation and Ability : Interactive Effects on Self Efficacy, Performance and Knowledge. Journal of Applied Psychology , 87, 497-516.
Chemers, M. M., Hu, L., & Garcia, B. F. (2001). Academic self-efficacy and first-year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93(1), 55-64.
Eshel, N., Daelmans, B., De Mello,M. C., & Martines J. (2006). Responsive Parenting : Interventions and Outcomes. Bull World Health Organization , 84 (12), 991-998.
Gafoor, A. & Kurukkan, A. (2014). Construction and Validation of Scale of Parenting Style. Behavioral and Social Sciences , 2 (4), 315-323
Hong, Y. R. & Park, J. S. (2012). Impact of Attachment, Temprament and Parenting on Human Development. Korean Journal of Pediatrics, 55 (12), 449-454.
Papalia, D,E,. Old, S.W,. Feldman, R.D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Edisi 10 Buku 2. Jakarta. Salemba Humanika.
Salami, S.O., & Ogundokun, M.O. (2009). Emotional intelligence and self-efficacy as predictors of academic performance. Perspectives in Education, 25 (3), 175-185.
Trittin, D., & Lawrence, A. (2014). Parents, Are You Ready to Launch?. Jakarta: Kesaint Blanc.
Vereswati, H. (2007). Perbedaan Self Efficacy Remaja Ditinjau Dari Urutan Kelahiran. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.